VIDEO: JPO Ampera di Yos Sudarso Bobrok, Atap Sudah Bolong-bolong

Lokasi JPO tersebut terletak hanya 300 meter dari Kantor Wali Kota Jakarta Utara.

Kondisi Jembatan Penyeberangan Orang ( JPO) Ampera yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, tampak rusak.

Pantauan Kompas.com pada Rabu (8/8/2018), beberapa bagian atap JPO yang berbahan fiber sudah lepas.

Akibatnya, sinar matahari langsung menembus ke jalur pejalan kaki. "Ini seharusnya diganti karena sangat mengganggu. Kalau siang ini panas kan, kalau musim hujan ya basah, jadi seharusnya diganti," kata Deki, salah seorang pelintas di JPO tersebut.

Deki menuturkan, kondisi JPO yang tak terawat sudah berjalan selama satu tahun terakhir. Selama itu, kata Deki, tidak ada upaya perbaikan yang ia lihat.

Masayik, pelintas lainnya, punya cerita yang sama. Ia menyebut jembatan itu sudah berdiri selama tiga tahun terakhir sedangkan atapnya baru dipasang setahun kemudian.

"Pertamanya bagus, lama-lama begini dibiarin aja enggak diperbaiki. Pertama pakai masih bagus, mungkin tiga tahun yang lalu lah, tapi atapnya masih baru ya dua tahunan lah," kata Masayik.

Seperti Deki, Masayik juga mengeluhkan atap JPO yang berhilangan. Ia menilai, hal tersebut mengurangi fungsi dari JPO. "Keluhannya ya panas dan hujan aja, tapi itu kan tujuannya ada jembatan kan? Kalau ada atapnya enak, kalau bolong-bolong gini ya sama aja kayak engga ada jembatan," katanya.

Sementara itu, Endang tidak terlalu khawatir dengan panas dan hujan yang terlindung atap. Ia justru khawatir dengan atap yang bisa jatuh tiba-tiba ketika angin kencang berhembus. "Ini kalau angin kencang suka jatuh atapnya. Aku sering lewat sini, belum pernah tertimpa sih, tapi setelah lewat pada jatuh pernah," kata Endang.

Pantauan Kompas.com, beberapa lembar fiber yang difungsikan menjadi atap tampak menggantung seolah menunggu waktu untuk jatuh.

Selain itu, tiang-tiang penyangga atap juga terlihat berkarat. JPO itu juga menjadi sasaran vandalisme. Coretan-coretan tampak mengotori area pejalan kaki.

Meskipun begitu, JPO itu terbilang cukup aman untuk dilintasi. Tidak nampak lubang-lubang yang menganga di jalur pejalan kakinya. Namun, jembatan akan terasa bergoyang ketika kendaraan besar melaju kencang di bawahnya.

Lokasi JPO tersebut terletak hanya 300 meter dari Kantor Wali Kota Jakarta Utara. Selain JPO Ampera, ada dua JPO lain yang bisa digunakan untuk menyeberangi Jalan Yos Sudarso dan Jalan Tol yang melintas di tengahnya.

Namun, dua JPO tersebut berjarak cukup jauh, yaitu sekitar 500 meter ke arah utara dan 400 meter ke arah selatan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menengok JPO Ampera yang Atapnya Bolong-bolong",
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Dian Maharani

Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved