Pilpres 2019

Sam Aliano Minta KPU Perpanjang Masa Pendaftaran Capres-Cawapres Hingga 20 Agustus

"Keputusan MK terburu- buru dan cepat akan memberikan hasil keputusan yang tidak maksimal," paparnya.

Sam Aliano Minta KPU Perpanjang Masa Pendaftaran Capres-Cawapres Hingga 20 Agustus
Warta Kota/Nur Ichsan
Sam Aliano yang mengklaim bakal menjadi calon presiden alternatif saat mengunjungi Kantor Redaksi Harian Warta Kota, Jumat (6/7/2018). 

SAM Aliano, pengusaha yang mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2019, dijadwalkan datang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (8/8/2018) pukul 14.00 WIB.

Rencana kedatangan Sam Aliano adalah untuk mengajukan permohonan pengunduran periode pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

KPU telah menetapkan periode pendaftaran capres dan cawapres pada 4-10 Agustus 2018. Namun, Sam Aliano akan mengajukan permohonan agar batas periode pendaftaran diperpanjang hingga 20 Agustus 2018.

Baca: Minta KPU Undur Jadwal Pendaftaran Capres-Cawapres, Sam Aliano: Kami Sesak Napas

"Saya akan datang memenuhi undangan KPU untuk perpanjang waktu pendaftaran capres dan cawapres hingga 20 Agustus, yaitu 10 hari perpanjangan waktu dari tangal 10 Agustus. Penetapan capres dan cawapres tanggal 20 Septemper, artinya masih ada waktu cukup, yakni satu bulan dari tangal 20 Augustus," tutur Sam Aliano melalui pesan WhatsApp kepada Warta Kota, Rabu siang.

Perpanjangan periode pendaftaran tersebut diajukan Sam Aliano, mengingat dan mempertimbangkan sisa waktu pendaftaran yang hanya tinggal dua hari lagi.

Padahal, hingga saat ini Mahkamah Konstitusi (MK) belum menerbitkan putusan terkait uji materi Presidential Threshold dalam Pasal 222 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017.

Baca: Sandiaga Uno: Asian Games Bukan Hanya Masalah Olahraga, tapi Mengubah Perilaku

"Partai politik dan kandidat belum ada persiapan total untuk melaksanakan pendaftaran, terutama kandidat yang akan diusung, karena seandainya MK membatalkan ambang batas 20 persen menjadi nol persen, maka kami (kandidat) tidak memiliki waktu cukup untuk melobi partai politik dalam sisa waktu hanya dua atau satu hari ini, itu tidak memungkinkan," beber Sam Aliano.

Sam Aliano menilai perpanjangan periode pendaftaran yang diajukannya juga akan membuat MK lebih tenang dan tidak terburu-buru dalam memutuskan Presidential Threshold.

Oleh karena itu, jika MK memiliki waktu yang cukup, maka akan menghasilkan putusan yang benar-benar melalui pertimbangan yang matang.

"Keputusan MK terburu- buru dan cepat akan memberikan hasil keputusan yang tidak maksimal, maka akibat ini akan merugikan kami dan semua pihak. Saya harap MK mengabulkan permohonan saya," paparnya. (*)

Penulis: Hamdi Putra
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved