Pilpres 2019

Polri Tak Miliki Alutsista Pengamanan Pasangan Capres-Cawapres 2019 yang Memadai

Penutupan pendaftaran pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) 2019 tinggal sehari lagi.

Polri Tak Miliki Alutsista Pengamanan Pasangan Capres-Cawapres 2019 yang Memadai
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Foto ilustrasi: Komando Distrik Militer 0502 Jakarta Utara (Kodim 0502/JU), Rabu (26/8) menggelar pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista), di Halaman Universitas 17 Agustus 1945 (UTA'45) di Jalan Sunter Baru Raya, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (26/08/2015). 

PENUTUPAN pendaftaran pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) 2019 tinggal sehari lagi.

Meski begitu, di Pilpres 2019 ini alat utama sistem pertahanan (alutsista) untuk sistem pengamanan pasangan Capres Cawapres tidak ada. Kalaupun diada-adakan tentu itu tidak akan memadai.

Hal itu dikatakan Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW) Neta S Pane, kepada wartawan, Rabu (8/8/2018).

"IPW menemukan fakta, bahwa Polri sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam menjaga keamanan pasangan Capres Cawapres di sepanjang proses Pilpres 2019, tidak memiliki alutsista untuk pengamanan Pilpres 2019. Artinya, peralatan sistem keamanan dan pengamanan pasangan Capres Cawapres hanya sekadar apa adanya," kata Neta.

Padahal, kata dia, proses Pilpres adalah bersifat khusus dan perlu pengamanan khusus.

"Mengingat Pilpres adalah momentum yang rawan ancaman keamanan, terutama keamanan terhadap pasangan Capres Cawapres. Sangat ironis memang, jika sistem dan peralatan keamanan Pilpres 2019 hanya sekadar apa adanya," tambah Neta.

Semula, kata Neta, Polri hendak membeli alutsista untuk Pilpres 2019 pada mata anggaran APBN P (Perubahan) 2018.

"Namun, akibat pemerintah tidak memiliki dana, APBN-P 2018 ditiadakan. Inilah untuk pertama kalinya, APBN-P ditiadakan. Hal ini sekaligus menunjukkan betapa pemerintah sudah kesulitan keuangan," kata dia.

Masalahnya, kata Neta, tahun depan Bangsa Indonesia akan menyelenggarakan Pilpres 2019 dan Polri butuh alutsista yang memadai untuk mengamankan proses Pilpres, terutama pengamanan khusus terhadap Capres Cawapres.

Dengan tidak adanya dana pemerintah untuk membeli alutsista pengamanan Pilpres 2019, menurut Neta, hal ini akan menjadi masalah serius terhadap keamanan Capres Cawapres.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved