Jelang Idul Adha Sudin KPKP Jaktim Periksa Kesehatan Hewan Kurban di 548 Penampungan

Jelang hari raya Idul Adha sejumlah penampungan hewan kurban mulai dibanjiri hewat ternak seperti kambing, domba, dan sapi.

Jelang Idul Adha Sudin KPKP Jaktim Periksa Kesehatan Hewan Kurban di 548 Penampungan
Warta Kota/Joko Supriyanto
Sudin KPKP Jakarta Timur melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban jelang Idul Adha, Rabu (8/8). 

JELANG hari raya Idul Adha sejumlah penampungan hewan kurban mulai dibanjiri hewat ternak seperti kambing, domba, dan sapi.

Untuk memastikan kesehatan hewan kurban Suku Dinas Kelautan Peternakan Perikanan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur melakukan upaya pemeriksaan rutin.

Seperti yang di lakukan oleh Sudin KPKP di salah satu penampungan hewan kurban di Duren Sawit Jakarta Timur, Rabu (8/8/2018).

Satu per satu hewan kurban diperiksa kesehatanya, setelah dinyatakan sehat, lokasi tempat penampungan akan diberikan stiker sebagai tanda lolos uji kesehatan.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Irma Budiany mengungkapkan bahwa di Jakarta Timur terdapat kurang lebih 548 penampungan hewan.

"Hari ini kami lakukan pemeriksaan kepada hewan-hewan di tempt penampungan yang ada di seluruh DKI Jakarta khususnya Jakarta Timur. Hewan-hewan yanh akan di periksa terutama yanh sehat dengan syarat harus menunjukan surta keterangan kesehatan hewannya dari daerah asal," kata Irma di Duren Sawit, Rabu (8/8/2018).

Dikatakan Irma setelah dilakukan pengecekan maka surat keterangan kesehatan yang di peroleh dari daerah asal akan digantikan dengan surat keterangan kesehatan dari Dinas KPKP.

Selanjutnya pihaknya akan akan memberikan stiker ditempat penampung yang sudah lolos uji kesehatan pada hewat ternak yang sudah melalui tahapan pemeriksaan kesehatan.

Untuk itu dirinya meminta masyarakat agar membeli hewan kurban ditempat yang sudah berstiker.

"Untuk para pembeli konsumen yang biasa membeli hewan kurbannya, tolong beli yang sudah berstiker, karena kalau tidak berstiker kami tidak menjamin kesehatan hewan tersebut," katanya.

Adapun dalam proses pemeriksaan tersebut pihaknya memeriksa bagian mata, gigi dari hewan ternak tersebut.

Untuk memastikan kesehatan hewan kurban pihaknya juga melakukan pemeriksaan daging hewan kurban usai disembelih.

"Pemeriksaan hewan yang sudah sampai tempat penampungan itu kita periksa matanya, kedua hewan itu lemas atau tidak, ketiga itu biasanya kita beri vitamin berupa elektrofit agar pas di potong dia dalam kondisi segar," katanya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved