Pilpres 2019

Fahri Hamzah: Cawapres Itu Embel-embel, Ban Serep

Menurut Fahri Hamzah, posisi menteri lebih berharga daripada capres. Karena, menteri memegang portofolio.

Fahri Hamzah: Cawapres Itu Embel-embel, Ban Serep
TRIBUNNEWS/WAHYU AJI
Fahri Hamzah Usai Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2017). 

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan, menjelang Pemilu Presiden 2019, posisi calon presiden harus lebih diperhatikan ketimbang calon wakil presiden (cawapres).

Posisi cawapres, kata Fahri Hamzah, hanya embel-embel. Karena, bila terpilih nanti, cawapres tidak memiliki kewenangan yang luas.

"Perlu orang tahu cawapres itu embel-embel, cawapres itu adalah ban serep. Cawapres itu pembantu presiden. Kalau enggak dikasih kewenangan sama presiden dia enggak ada apa-apa," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Baca: Ini Enam Kesepakatan Parpol Pengusung Jokowi, Cawapres Diumumkan di Pengujung Waktu Pendaftaran

Menurut Fahri Hamzah, posisi menteri lebih berharga daripada capres. Karena, menteri memegang portofolio. Kementerian, menurut Fahri Hamzah, juga memiliki anggaran yang besar dibandingkan sekretariat wakil presiden.

"Sehingga kalau saya tanya, anggaran Mendikbud Rp 80 triliun, anggaran Menhan atau kepolisian Rp 40 triliun atau ada yang Rp 60 triliun, berapa anggarannya wapres? Paling Rp 20 miliar setahun, karena dia sebenernya enggak pegang itu, yang punya kewenangan itu presiden," papar Fahri Hamzah.

Di sisi lain, menurut Fahri Hamzah, capres yang ada sekarang ini belum ada yang greget, belum ada yang memiliki gagasan yang kuat untuk mengubah arah bangsa.

"Harusnya kita tagih orang itu suruh bicara dari sekarang apa idenya," usul Fahri Hamzah. (Taufik Ismail)

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help