Begini Isi Pembicaraan Sam Aliano dan Ketua KPU Arief Budiman

"Saya akan mempelajari permohonan Pak Sam Aliano mengenai perpanjangan waktu pendaftaran capres-cawapres.

Begini Isi Pembicaraan Sam Aliano dan Ketua KPU Arief Budiman
Warta Kota/Hamdi Putra
Sam Aliano (kanan) bersama Ketua KPU, Arief Budiman (tengah) di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/8/2018). 

KEDATANGAN bakal calon presiden 2019, Sam Aliano ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu (8/8/2018) diterima secara langsung oleh Ketua KPU, Arief Budiman.

Dalam kunjungan kali ini, Sam Aliano mengajukan beberapa pertanyaan kepada Ketua KPU, Arief Budiman.

Seandainya MK memutuskan ambang batas 20 persen menjadi 0 persen setelah pendaftaran KPU ditutup, maka putusan tersebut dinilai akan merugikan partai politik dan kandidat capres-cawapres.

"Pertama, kami kandidat berarti tidak punya kesempatan lagi untuk mendaftar ke KPU karena tutup, sedangkan kami masih berpeluang mendaftar karena ambang batas sudah 0 persen. Nasib kami bagaimana Pak Arief? Ini merugikan kami."

"Kedua, bagaimana nasib partai politik yang sudah terlanjur berkoalisi dan mendaftar sebelum keputusan MK di saat partai-partai tersebut ingin mengusung kandidatnya masing-masing padahal partai tersebut tidak bisa lagi menarik pendaftaran karena sudah terlanjur daftar dan berkoalisi juga." Demikian pertanyaan Sam Aliano kepada Ketua KPU, Arief Budiman.

Menanggapi permohonan dan pertanyaan itu, Ketua KPU RI, Arief Budiman menyampaikan rasa terimakasih atas kepedulian yang ditunjukkan Sam Aliano.

Dalam waktu dekat, KPU akan segera memutuskan dan membalas surat permohonan yang telah diterimanya.

"Saya akan mempelajari permohonan Pak Sam Aliano mengenai perpanjangan waktu pendaftaran capres-cawapres. KPU akan segera menjawab surat ini secara tertulis. Kami selaku penyelenggara Pemilu walapun nanti sudah ditutup waktu pendaftarannya dan ternyata ada permintaan pemerintah untuk dibuka kembali maka kami akan ikut pemerintah," kata Ketua KPU RI, Arief Budiman.

Diberitakan sebelumnya, Sam Aliano memenuhi undangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk mengajukan permohonan pengunduran periode pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Rabu (8/8/2018).

KPU telah menetapkan periode pendaftaran capres dan cawapres pada tanggal 4-10 Agustus 2018.

Halaman
12
Penulis: Hamdi Putra
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help