Visa, OJK dan Bank Indonesia Gelar Literasi Keuangan Lewat Tagar #IbuBerbagiBijak

Perempuan merupakan 'Menteri Keuangan' dalam kebanyakan keluarga di Indonesia. Keluarga kuat dimulai dari ibu yang bijak mengelola keuangan.

Visa, OJK dan Bank Indonesia Gelar Literasi Keuangan Lewat Tagar #IbuBerbagiBijak
Warta Kota/Lilis Setyaningsih
LITERASI--Perusahaan teknologi pembayaran global Visa menyelenggarakan literasi keuangan dengan kampanye #IbuBerbagiBijak di Greenhouse Coworking and Office Space, Selasa (7/8/2018). Tampak ki-ka Adhe Hapsari PT Visa Worldwide Indonesia, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman, Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK Sondang Martha Samosir, dan Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaan Nasional Bank Indonesia Pungky P. Wibowo 

PEREMPUAN atau ibu rumah tangga merupakan 'Menteri Keuangan' dalam kebanyakan keluarga di Indonesia. Keluarga kuat dimulai dari ibu yang bijak mengelola keuangan.

Namun sayangnya, hasil Survei Nasional Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2016, menunjukan tingkat literasi dan inklusi keuangan perempuan masih rendah, yaitu sebesar 25,5 persen dan 66,2 persen atau Iebih rendah dibandingkan tingkat literasi dan inklusi keuangan Iaki-laki, yaitu sebesar 33,2 persen dan 69,6 persen.

Kenyataan itu, mendorong perusahaan teknologi pembayaran Visa meluncurkan kampanye #IbuBerbagiBijak, yang tahun ini masuki tahun kedua.

Kampanye ini merupakan sebuah program literasi keuangan yang digelar dalam rangka mengedukasi dan mendorong para perempuan untuk berbagi pengetahuan seputar literasi keuangan.

Program yang telah berkolaborasi dengan OJK ini telah menjangkau lebih dari 200.000 perempuan di seluruh Indonesia.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia mengatakan, program ini akan dilaksanakan dari bulan Juli hingga September.

Terdiri dari serangkaian lokakarya dan aktivitas online melalui akun Instagram @IbuBerbagiBijak.

Beragam topik akan dibahas, mulai dari tips membuat anggaran, menabung, dan mengatur pengeluaran yang bijak, hingga kiat-kiat mendapatkan penghasilan tambahan, serta tips keamanan dalam bertransaksi non tunai.

Kampanye #lbuBerbagiBijak tahun ini turut melibatkan sejumlah organisasi perempuan yang berpengaruh.

Salah satunya, Dharma Wanita Persatuan Provinsi DKI Jakarta.

Halaman
12
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help