Touring Jakarta-London Sendirian, Stephan Terjatuh di India

Stephan menceritakan suka dan duka selama berkendara dari Jakarta menuju Den Haag.

Touring Jakarta-London Sendirian, Stephan Terjatuh di India
Kompas.com
Selama perjalanan ke London, Stephan Langitan akan singgah di KBRI Brussels dan KBRI Paris. 

SAAT pertemuan solo rider, Stephan Langitan dengan Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, didampingi Wakil Duta Besar dan para pejabat di KBRI Den Haag, Belanda pada Senin (6/8/2018) sangat berkesan.

Dalam pertemuan tersebut, Stephan menceritakan suka dan duka selama berkendara dari Jakarta menuju Den Haag.

Tantangan dan kesulitan selama perjalanan touring solo Jakarta-London dengan jarak sekitar 30.000 km itu salah satunya adalah melakukan de tour atau berbalik arah dari Yunani ke Italia dan tidak melewati Albania, Montenegro, Kroasia, Slovania, dan Bosnia karena masalah keamanan.

Selain itu, karena masalah keamanan, dirinya terus mengendarai sepeda motor Kawasaki Versys-X 250 berplat nomer Indonesia, B 3737 UNM hingga sejauh 250 kilometer di Pakistan.

"Selama dikawal, bapak Stephan tidak bisa melakukan banyak hal karena tidak banyak diberikan kebebasan, seperti untuk berhenti beristirahat, bertemu dengan masyarakat setempat ketika berhenti maupun mengambil dokumentasi," ungkap Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja dalam siaran tertulis pada Selasa (7/8/2018).

Perjalanan Stephan pun tidak melulu mulus. Kecelakaan terjadi sewaktu Stephan melintasi India.

Medan yang berat, becek dan berbatu, karena adanya proyek pembangunan jalan menyebabkan Stephan jatuh dari sepeda motor.

Namun, tidak ada luka serius, Stephan terus melaju hingga akhirnya, dia tiba di Den Haag tanggal 3 Agustus 2018 dan difasilitasi KBRI Den Haag untuk menginap di Wisma Tamu, Wassenar.

Keesokan harinya, tanggal 4 Agustus 2018, Stephan Langitan turut meramaikan Sepeda Gembira yang diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan KBRI Den Haag dan masyarakat Indonesia di Belanda dalam rangka memeringati HUT Kemerdekaan RI ke-73.

Sepeda Gembira diikuti oleh sekitar 50 peserta yang terdiri dari Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, Wakil Duta Besar, staf KBRI Den Haag, dan masyarakat Indonesia di Belanda beserta keluarganya.

Rute Sepeda Gembira sekitar 40 km (PP) yang dimulai di Sekolah Indonesia Den Haag di Wassenar hingga ke Kota Tua di Delf. Di Delf, para peserta bisa menikmati dan jalan-jalan sekitar Kota Tua dan bersantap makan siang sebelum kembali ke Wassenar.

Selanjutnya, Stephan Langitan akan berangkat ke Eindhoven pada tanggal 7 Agustus 2018 dan langsung melanjutkan perjalanan ke London yang direncakan tiba tanggal 17 Agustus 2018 atau bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI Ke-73.

Selama perjalanan ke London, Stephan Langitan akan singgah di KBRI Brussels dan KBRI Paris.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help