Kodim 0507 Bekasi Bakal Bongkar Jamban di Saluran Sekunder Kali Bekasi

Komando Distrik Militer (Kodim) 0507 Bekasi bakal membongkar puluhan jamban yang berdiri di atas saluran sekunder (SS) Kali Bekasi di Kota Bekasi.

Kodim 0507 Bekasi Bakal Bongkar Jamban di Saluran Sekunder Kali Bekasi
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Dua jamban berdiri di saluran sekunder Kali Bekasi, Teluk Buyung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi beberapa waktu lalu. Selain dipenuhi jamban, kondisi saluran sekunder juga cukup memprihatinkan karena banyaknya sampah dan sedimentasi lumpur, Selasa (7/8/2018). 

WARTA KOTA, BEKASI---Komando Distrik Militer (Kodim) 0507 Bekasi bakal membongkar puluhan jamban yang berdiri di atas saluran sekunder (SS) Kali Bekasi di Kota Bekasi.

Rencana pembongkaran itu bakal dibantu petugas dari Perum Jasa Tirta (PJT) II selaku pemilik lahan sekaligus penyalur air bersih ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) ke wilayah setempat.

Komandan Kodim 0507, Letnan Kolonel (Arm) Abdi Wirawan mengatakan, ada sekitar 20 jamban yang berdiri di lima SS sepanjang 16 kilometer.

Baca: Perum Jasa Tirta II Mengakui Kondisi Saluran Sekunder Kali Bekasi Memprihatinkan

Lima SS itu adalah SS Bekasi Utara, SS Bekasi Tengah, SS Pondok Ungu, SS Bekasi Pangkal dan SS Bogor.

Dari lima SS itu yang paling banyak berdiri jamban berada di SS Bekasi Utara atau tepatnya di daerah Teluk Pucung.

Setelah jamban itu dibongkar, pihaknya akan membangun ulang toilet baru untuk keperluan mandi, cuci dan kakus (MCK) bagi masyarakat setempat.

"Kami koordinasi dengan kelurahan setempat untuk meminjam fasum (fasilitas umum) sebagai lahan dibangunnya toilet baru," kata Abdi di kantornya Jalan Veteran Nomor 60, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Selasa (7/8/2018).

Baca: Perum Jasa Tirta II Mengakui Kondisi Saluran Sekunder Kali Bekasi Memprihatinkan

Selain membongkar jamban, kata dia, petugas juga membersihkan sampah dan sedimen lumpur yang mengendap di lima SS Kali Bekasi sepanjang 16 kilometer tersebut.

Dia menargetkan, rencana itu akan terealisasi pada pekan depan.

"Saluran sekunder akan kami bersihkan pada malam hingga dini hari supaya tidak mengganggu aktivitas masyarakat," kata Abdi.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help