Anggaran Terbatas, Kota Bekasi Baru Punya 1.600 Petugas Kebersihan dari Idealnya 4.000

Ia juga menilai kebersihan Kota Bekasi sudah sangat baik ini, didukung oleh kinerja para petugas kebersihan yang gajinya naik.

Anggaran Terbatas, Kota Bekasi Baru Punya 1.600 Petugas Kebersihan dari Idealnya 4.000
WARTA KOTA/MUHAMAD AZZAM
Petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi sedang bekerja. 

KEPALA Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Jumhana Lutfhi mengatakan, wilayahnya memiliki 1.600 petugas kebersihan. Jumlah tersebut masih dirasa kurang untuk menjaga kebersihan Kota Bekasi.

"Idealnya si 4.000 petugas, tapi ya memang kan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Jadi kami belum bisa menambah petugas," tutur Jumhana Lutfhi kepada Warta Kota, Selasa (7/8/2018).

Namun, lanjut Jumhana Lutfhi, dengan jumlah petugas tersebut, pihaknya terus memaksimalkan kerja Dinas LH dalam menjaga kebersihan Kota Bekasi.

Baca: Tutup Job Fair, Sekda Minta Perusahaan Prioritaskan Warga Kota Tangerang dalam Penerimaan Karyawan

Pihaknya membagi sistem pembersihan menjadi tiga sif, dimulai pukul 05.00 hingga pukul 13.00, lalu sif kedua hingga pukul 18.30, dan sif ketiga sampai pukul 22.00.

"Ya tetap kerja kita maksimal. Kita patroli sampah dan rutin lakukan pembersihan setiap hari. Utamanya jalan protokol utama selalu terjaga. Kalau untuk jalan lingkungan ya dibutuhkan juga kerja sama warga untuk tidak buang sampah sembarangan," paparnya.

Untuk jalan lingkungan, lanjut Jumhana Lutfhi, pihaknya fokus memaksimalkan petugas Unit Pelaksana Teknis Dinas Daerah (UPTD) tingkat kecamatan.

Baca: Selasa Pekan Depan 19 Pintu Tol Ini Bakal Ditutup untuk Simulasi Asian Games 2018

"Kan kita setiap kecamatan punya petugas kebersihan, ada yang 130, bahkan ada yang 200 petugas disesuaikan dengan cakupan wilayah. Mereka juga kadang ikut turut kerja bakti bersama warga setiap akhir pekan," jelasnya.

Ia juga menilai kebersihan Kota Bekasi sudah sangat baik ini, didukung oleh kinerja para petugas kebersihan yang gajinya naik.

"Alhamdulillah, sisi kinerja petugas setelah naik gaji dari Rp 2 juta menjadi Rp 3 jutaan, memang ada peningkatan yang cukup bagus. Bahkan banyak apresiasi dari masyarakat yang tampak bersih, terutama di jalan jalan protokol, tempat-tempat sampah liar juga sudah tidak terlalu banyak," bebernya. (*)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help