Pilpres 2019

Para Kiyai Sepuh Nusantara Gelar Pertemuan Tertutup di PBNU, Dukung Cak Imin Cawapres Jokowi

Sejumlah kiyai dari seluruh penjuru Nusantara mengadakan pertemuan tertutup di kantor PBNU, Jakarta Pusat pada Sabtu (4/8/2018) malam.

Para Kiyai Sepuh Nusantara Gelar Pertemuan Tertutup di PBNU, Dukung Cak Imin Cawapres Jokowi
Ketua PBNU, Said Aqil Siradj (kiri) menerima penyampaian aspirasi dari para kiyai sepuh Nusantara di kantor pusat PBNU, Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (4/8/2018) malam. 

SEJUMLAH kiyai dari seluruh penjuru Nusantara mengadakan pertemuan tertutup di kantor Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU), Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat pada Sabtu (4/8/2018) malam.

Pada pertemuan yang berlangsung sekitar 90 menit tersebut para kiyai menyampaikan aspirasi dari masyarakat daerah dan santri-santri kepada Ketua PBNU, Said Aqil Siradj.

Aspirasi yang disampaikan adalah terkait dengan hak konstitusional setiap warga negara dalam menghadapi Pemilu terutama Pilpres 2019 mendatang.

"Aspirasi yang disampaikan adalah bahwa para kiyai ini sepakat untuk mendukung pencalonan Cak Imin sebagai Calon Wakil Presiden bersama Pak Jokowi dan kita laporkan kepada Pengurus Besar Nadhlatul Ulama aspirasi ini," ujar juru bicara para kiyai sepuh, Kiyai Haji Anwar Iskandar dalam konferensi pers usai pertemuan.

Baca: Cak Imin: Koalisi PKB Tergantung Cawapres Jokowi

Sementara itu, Helmy Faishal Zaini yang merupakan kader PBNU dan PKB mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo.

Surat itu berisi tentang aspirasi masyarakat daerah, santri-santri dan para kiyai sepuh yang menginginkan salah satu kader terbaik PBNU, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin disandingkan sebagai cawapres Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019.

Sebab, menurutnya aspirasi yang disampaikan malam ini adalah bagian penting dari perkembangan demokrasi Indonesia ke depannya.

"Kami telah menerima usulan dari para kiyai sepuh dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, NTB, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Banten dan daerah lainnya. Para kiyai sepuh menyampaikan suatu perkembangan dimana di dalam Pemilu atau Pilpres para kiyai telah menerima aspirasi dari para warga baik itu santri maupun jamaah yang intinya salah satu kader terbaik yaitu Cak Imin atau Muhaimin Iskandar yang sekarang menjabat sebagai Ketua Umum PKB adalah salah satu kader yang diusulkan menjadi cawapres untuk digandengkan bersama Pak Jokowi dalam Pilpres ini," kata Helmy Faishal Zaini.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah membuka pendaftaran capres dan cawapres mulai Sabtu (4/8/2018) sampai Jumat (10/8/2018).

Pada hari pertama dibukanya pendaftaran, belum satu pun partai politik yang mendaftarkan capres dan cawapresnya ke KPU RI.

Halaman
12
Penulis: Hamdi Putra
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved