Bengkel Pelukis Militan Indonesia: Wadah Lintas Pelukis

Halaman Museum Affandi Yogyakarta di Jalan Jalan Laksda Adisucipto Yogyakarta, dipenuhi oleh pelukis dari pulau Jawa dan Bali.

Bengkel Pelukis Militan Indonesia: Wadah Lintas Pelukis
Warta Kota/Barlin Srikaton
Bengkel Pelukis Militan Indonesia berkumpul bersama untuk mengadakan kegiatan On The Spot atau melukis langsung di tempat secara bersama-sama, bukan di studio, di halaman Museum Affandi Yogyakarta. 

WARTA KOTA, YOGYAKARTA---Sekalipun Matahari sudah tinggi namun udara pagi itu di Kota Yoyakarta masih terasa sejuk.

Beberapa hari terakhir memang udara dingin sangat akrab dengan Kota Pelajar ini.

Kamis (26/7/2018) pagi, halaman Museum Affandi Yogyakarta di Jalan Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167, Papringan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, dipenuhi oleh pelukis dari pulau Jawa dan Bali.

Mereka tergabung dalam komunitas Bengkel Pelukis Militan Indonesia (BPMI).

Baca: Pria yang Tewas Dililit Ular Sanca Peliharaannya Itu Bekerja sebagai Pelukis Jalanan

Mereka berkumpul bersama untuk mengadakan kegiatan On The Spot atau melukis langsung di tempat secara bersama-sama, bukan di studio.

Acara On The Spot dbuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua BPMI Pusat, Presiden Koplak Yos Soesilo, dan Art Perfoming dari komunitas BPMI Purworejo.

Dalam sambutannya, Yos merasa sangat puas dengan acara tersebut. Atas kemurahan hati Mami Kartika Affandi yang merupakan anak pelukis Affandi.

Baca: Mengenal Pelukis yang Pernah Jadi Gubernur dan Mengarsiteki Sejumlah Wajah Jakarta

Karitika Affandi mengizinkan Museum Affandi untuk melukis bersama para pelukis itu.

"Silakan BPMI melukis dan berkesenian di sini, Mami Kartika sudah meminjamkan tempat ini untuk kita pakai melukis dan berkesenian seperti hari ini. BPMI siap menjadi wadah bagi para pelukis, baik pemula maupun yang sudah mapan," kata pelukis nyentrik berkumis itu.
Kegiatan BPMI mulai Kamis (26/7/2018) hingga (2/8/2018), meliputi melukis On The Spot, diskusi, bazar, dan lelang lukisan.

Baca: Lukis Kampung, Lurah Palmerah Apresiasi Semangat Pemuda

Hadir dalam acara Bengkel Pelukis Militan Indonesia (BMPI), antara lain pelukis dari Tangerang, Jakarta, Bekasi, Bandung, Cirebon, Brebes, Solo, Purwokerto, Purworejo, Magelang, Temanggung, Boyolali, Sleman, Bantul, Yogyakarta, Klaten, Salatiga, Semarang, Jepara, Surabaya, Probolinggo, Gresik, dan Denpasar.

Mereka tampak begitu semangat melukis dengan gaya dan aliran masing-masing.

Hari pertama acara Kamis (26/7/2018) setelah acara On The Spot resmi dibuka oleh Mami Kartika Affandi, para pelukis berhamburan memilih tempat untuk merekam suasana dan momen di seputtar museum Affandi.

Baca: Gaya Nyentrik Pelukis ini Bikin Geleng Kepala, Dia Pakai Alat Vital untuk Kuas

Saat waktunya makan siang, para pelukis berkumpul untuk makan siang sambil mendengarkan Mami Kartika Affandi berbagi pengalaman seputar suka duka menjadi pelukis bersama perupa Timbul Raharjo yang dipandu oleh Yos Soesilo.

Pada Jumat (27/7) diisi dengan acara On the spot dan body painting oleh Cubung W, yang dilanjutkan pada Sabtu (28/7/2018) On the Spot dengan model. (Barlin Srikaton)

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved