Home »

News

» Jakarta

Duet Jokowi-Anies Baswedan Yakinkan Asian Games 2018 Sukses

Keduanya kompak memastikan ajang Asian Games 2018 yang digelar sejak tanggal 18 Agustus-2 September 2018 itu dapat berlangsung sukses.

Duet Jokowi-Anies Baswedan Yakinkan Asian Games 2018 Sukses
@aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendorong ibunya di kursi roda saat mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau sejumlah fasilitas Asian Games 2018, Kamis (2/8/2018). 

DIDUKUNG penuh sembilan Partai Politik, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo belum mengumumkan secara resmi pendampingnya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 mendatang. Beragam nama Calon Wakil Presiden (Cawapres) bermunculan, termasuk Anies Rasyid Baswedan, Gubernur DKI Jakarta saat ini.

Terlepas dari kontestasi Pilpres 2019, duet antara pemerintah pusat dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta rupanya sudah ditunjukkan Jokowi dan Anies. Keduanya kompak memastikan ajang Asian Games 2018 yang digelar sejak tanggal 18 Agustus-2 September 2018 itu dapat berlangsung sukses.

Kekompakkan itu terlihat dari postingan Anies lewat akun instagramnya, @aniesbaswedan pada Jumat (3/8/2018). Dalam Postingannya, Anies menebar kedekatannya dengan Jokowi, mereka terlihat berjalan berdampingan meninjau sisi luar Gelora Bung Karno (GBK) Senayan hingga Bundaran Hotel Indonesia.

Didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Anies dan Jokowi melihat perkembangan trotoar interaktif Jalan Sudirman-Thamrin; trotoar yang memanjang mulai dari Patung Pemuda hingga Bundaran HI, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Bersama Presiden @Jokowi dan Pak Basuki Hadimuljono @kemenpupr meninjau kesiapan penataan trotoar di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin yang dikerjakan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk menyambut #AsianGames2018," jelasnya Anies lewat akun instagramnya, @aniesbaswedan pada Jumat (3/8/2018).

"Alhamdulillah sejauh ini sesuai jadwal kita menuntaskan yang memang direncanakan dan dibangun sampai dengan akhir Juli. Ada area-area yang memang baru akan dikerjakan sesudah Asian Games," tulisnya bersyukur.

Bergeser pada potret selanjutnya, Anies dan Jokowi serta Basoeki terlihat meninjua kawasan Bundaran HI yang kini masih bersolek. Mereka berhenti di pelican crossing, penyeberangan orang sebidang; yang terletak di Jalan MH Thamrin, tepatnya depan Plaza Indonesia atau seberang Wisma Nusantara.

Dijelaskannya, pembuatan pelican road, pengganti Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Bundaran HI yang dibongkar Pemprov DKI Jakarta beberapa waktu lalu itu sengaja dilakukan. Tujuannya untuk mengembalikan hakikat Patung Selamat Datang yang senyatanya menyambut para atlet pada pelaksanaan Asian Games pertamna Indonesia, tahun 1962.

"Setelah itu kami melihat pemandangan kawasan Bundaran HI setelah JPO dibongkar. Pembongkaran ini memang untuk memberi pemandangan yang jelas ke Patung Selamat Datang yang semula dibangun untuk menyambut atlet Asian Games 1962. Sekaligus mencoba Pelican Crossing di Bundaran HI setelah tidak ada JPO," tulisnya.

"Penataan Trotoar Sudirman-Thamrin oleh Pemprov DKI Jakarta untuk menjadikan kawasan ini ramah terhadap pejalan kaki, terutama bagi orang tua, ibu hamil, anak-anak dan juga untuk penyandang difabel. Penataan ini juga Insya Allah akan menghidupkan ruang interaksi di antara warga penggunanya," harapnya mengakhiri postingan.

Seperti diketahui sebelumnya, pasca pertemuan dengan sembilan Ketua Umum Partai koalisi Jokowi di Istana Negara Bogor, Jawa Barat pada Senin (22/7/2018) malam dan Sabtu (28/7/2018) siang, Jokowi belum mengumumkan secara resmi Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang bakal mendampinginya dalam Pilpres 2019 mendatang.

Dalam pertemuan pertama, Jokowi mengundang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Kemudian, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PPP Romahurmuziy dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang. Mereka bersantap malam di Istana Negara Bogor, Jawa Barat pada Senin (22/7/2018) malam.

Sedangkan dalam pertemuan kedua, Jokowi berdiskusi sekaligus makan siang bersama kalangan muda, antara lain Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, Ketua Umum PSI Grace Natalie dan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibyo di Istana Negara Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (28/7/2018). (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help