GIIAS 2018

Di GIIAS 2018, Presiden Jokowi: Dunia Mulai Beralih ke Mobil Listrik, Hati-hati Kita

Saat membuka GIIAS 2018, Presiden Jokowi mengungkapkan sejumlah tantangan industri otomotif nasional, misalnya saja mobil listrik.

Di GIIAS 2018, Presiden Jokowi: Dunia Mulai Beralih ke Mobil Listrik, Hati-hati Kita
Istimewa
BMW Indonesia menghadirkan mobil listrik i8 Roadster di GIIAS 2018. 

HADIR pada pembukaan pameran otomotif GIIAS 2018, Kamis (2/8/2018), Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengungkapkan beberapa tantangan yang dihadapi industri otomotif nasional. Salah satunya hadir dari fenomena mobil listrik.

"Ini fenomena yang dimulai dari Elon Musk dengan produk mobil Tesla. Dulu Tesla masih barang langka, barang eksotis. Sekarang banyak negara mengadopsi mobil listrik, tren dunia makin jelas. Dunia beralih ke mobil listrik. Hati-hati kita," ucap Jokowi di depan para pelaku industri otomotif saat pembukaan pameran GIIAS 2018.

Jokowi, di hari pembukaan GIIAS 2018 itu mencontohkan, Pemerintah Prancis dan Inggris pada tahun lalu sudah mengumumkan, mulai 2040 kendaraan nonlistrik atau berbahan bakar minyak akan dilarang dijual di kedua negara tersebut.

Presiden Jokowi juga mengungkapkan, saat ini Tiongkok atau China sudah mengumumkan untuk menjadi yang terdepan dalam pengembangan mobil listrik.

"Mereka sekarang juga sudah menjadi pasar terbesar untuk kendaraan listrik," ucap Jokowi.

BMW Indonesia menghadirkan mobil listrik i8 Roadster di GIIAS 2018.
BMW Indonesia menghadirkan mobil listrik i8 Roadster di GIIAS 2018. (Kompas.com/Setyo Adi)

Indonesia bukan hanya diam menyambut tren mobil listrik ini. Saat ini pemerintah tengah menggodok peraturan mengenai penjualan mobil listrik serta pengembangan mobil listrik bersama produsen-produsen kendaraan listrik dunia.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2010 silam sampai 2017, total mobil listrik yang sudah terjual di seluruh dunia (semua merek) mencapai 3 juta unit. Penjualan tertinggi ada di tahun lalu, yakni menembus angka 1.150.000 unit di seluruh dunia.

Sementara China sudah mencatatkan penjualan mobil listrik dari 2010 sampai 2017 mencapai 1,230 juta unit. Angka ini bahkan tidak terkejar oleh penjualan seluruh Benua Eropa yang baru mencapai 820.000 unit.

Negara adidaya Amerika Serikat (AS) baru menjual 760.000 unit. Sedangkan Jepang tercatat dalam tujuh tahun menjual 220.000 unit mobil listrik dari semua merek. (Setyo Adi Nugroho)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Ingatkan Tren Dunia Beralih ke Mobil Listrik"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help