Asian Games 2018

Erick Thohir Wanti-wanti Antrean Panjang Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Saat Asian Games 2018

Dirinya menjelaskan, berdasarkan pengalamannya, negara-negara yang jadi tuan rumah dalam event akbar ini sempat mengalami keteteran.

Erick Thohir Wanti-wanti Antrean Panjang Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Saat Asian Games 2018
WARTA KOTA/ANDIKA PANDUWINATA
Ketua Pelaksana Asian Games 2018 Erick Thohir meninjau Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (2/8/2018). 

KESIAPAN Bandara Soekarno-Hatta menyambut pagelaran Asian Games 2018, menjadi perhatian serius Erick Thohir selaku Ketua Pelaksana Asian Games 2018.

Erick Thohir meninjau langsung pelayanan di Bandara Soetta, Kamis (2/8/2018). Ia didampingi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly beserta jajaran instansi yang berdinas di ruang lingkup bandara.

Erick mewanti-wanti terjadinya antrean penumpang yang sangat panjang, saat para kontingan datang dan pulang ke negara asalnya.

Baca: Tinjau Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Erick Thohir Temukan Karpet Terkelupas

"Ini dari pengalaman saya terjadi kemacetan parah," ujar Erick saat dijumpai di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (2/8/2018).

Dirinya menjelaskan, berdasarkan pengalamannya, negara-negara yang jadi tuan rumah dalam event akbar ini sempat mengalami keteteran. Terlebih, pergerakan penumpang di bandara begitu padat.

"Contohnya saja seperti di Brazil dan London ketika menggelar Olimpiade yang mengalami antrean parah," ucapnya.

Baca: Mahfud MD: Jangan Saling Mengafirkan Hanya untuk Keperluan Lima Tahunan

Erick meminta pengelola bandara berkonsentrasi dalam hal ini. Lima jam sebelum keberangkatan pesawat, penumpang harus cepat bergerak.

"Kalau secara teori persiapan memang sudah baik, tapi situasi di lapangan banyak yang tidak terduga," kata Erick.

Peran Bandara

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly menuturkan, bandara memiliki peran penting guna menyukseskan pelaksanaan Asian Games 2018.

"Banyak tamu-tamu kita berdatangan dan pulang dari bandara. Sebab, bandara adalah beranda terdepan dan terakhir, perannya penting," tegas Yasonna.

Ia ingin memastikan persiapan Bandara Soetta prima dalam segi pelayanan, dan Indonesia menjadi tuan rumah yang baik di mata dunia.

Baca: Belasan Bangunan Liar di Karang Anyar Dibongkar Bulan Depan, Takkan Ada Ganti Rugi

"Kita buktikan ini ke dunia internasional," ucapnya.

Menurutnya, jika pelaksanaan ini berhasil, akan berdampak bagi kemajuan Tanah Air. Bahkan, Indonesia bisa berkesempatan untuk menggelar ajang- ajang internasional bergengsi lainnya.

"Makanya, di bandara ini tinggal antisipasi saja kedatangan serta kepulangan para peserta Asian Games," imbau Yasonna. (*)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved