DPRD Bandung Beri 98 Catatan Kinerja Ridwan Kamil Oded

Dari 98 catatan dan rekomendasi itu, ada sejumlah program penting yang disoroti dewan selama Ridwan Kamil dan Oded menjabat.

DPRD Bandung Beri 98 Catatan Kinerja Ridwan Kamil Oded
Warta Kota/Henry Lopulalan
Ridwan Kamil 

DPRD Kota Bandung memberikan 98 catatan dan rekomendasi evaluasi kinerja pasangan Ridwan Kamil-Oded M Danial selama lima tahun memimpin Kota Bandung.

Kajian itu dilakukan oleh panitia khusus (pansus) DPRD yang membahas laporan ketererangan pertanggungjawaban akhir masa jabatan (LKPJ AMJ). Catatan dan rekomendasi itu telah diserahkan dalam rapat paripuran, Senin (30/7/2018) lalu.

Ketua Pansus LKPJ AMJ, Folmer Silalahi mengatakan, dari 98 catatan dan rekomendasi itu, ada sejumlah program penting yang disoroti dewan selama Ridwan Kamil dan Oded menjabat.

Pertama, kata Folmer, rendahnya target pemenuhan ruang terbuka hijau.

"Dalam misi RPJMD ada amanat bahwa Pemkot Bandung harus memenuhi kewajiban ruang terbuka hijau (RTH) terkait tata ruang, dan itu belum terpenuhi dan capaian paling rendah kinerjanya.

Karena dari RTH publik 20 persen, Kota Bandung pada saat memulai kepeimpinan Ridwan Kamil-Oded baru memiliki 12 persen.

Kekurangan 8 persen itu harusnya ditutupi selama lima tahun, tapi ternyata di lapangan hanya 0,9 persen peningkatannya sangat kecil. Itu kita soroti," ujar Folmer saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/8/2018).

Setelah Pura-pura Mati Folmer khawatir, minimnya ruang publik baru akan berdampak buruk pada pelestarian lingkungan seiring masifnya pembangunan di Kota Bandung.

"Karena kalau ini tidak disikapi kita melihat Kota Bandung akan jadi kota yang tak terkendali tata ruangnya karena kebutuhan ruang publik akan semakin berkurang dan tentunya mengganggu keseimbangan kota," kata politisi PDIP itu.

Tim pansus juga menyoroti persoalan rendahnya capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya dari objek pajak retribusi bahu jalan.

Halaman
123
Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved