HUT Kemerdekaan RI

Sore Ini Akan Ada Dzikir Akbar di Istana Negara Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI

Dalam postingannya, Ketua Majelis Dzikir Hubbul Wathon, KH Mustofa Aqil Siraj menyebut Dzikir Kemerdekaan merupakan bentuk muhasabah

Sore Ini Akan Ada Dzikir Akbar di Istana Negara Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI
instagram
Dzikir akbar di Istana Negara, Rabu (1/8/2018) 

PERINGATAN Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 73, Majelis Dzikir Hubbul Wathon akan kembali menggelar dzikir akbar di Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat pada hari ini, Rabu (1/8/2018) petang.

Kabar baik itu disampaikan Pengurus Besar (PB) Majelis Dzikir Hubbul Wathon lewat akun Instagramnya @majelisdzikir.hubbulwathon.

Dalam postingannya, Ketua Majelis Dzikir Hubbul Wathon, KH Mustofa Aqil Siraj menyebut Dzikir Kemerdekaan merupakan bentuk muhasabah.

"Dzikir dan doa untuk bangsa adalah bentuk muhasabah bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan," ungkap KH Mustofa Aqil Siraj.

Muhasabah dalam situs muslim.or.id bermakna introspeksi diri.

Muhasabah dijelaskan dalam Firman Allah SWT.

"Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, nanti Kami akan menarik mereka dengan berangaur-angsur (ke arah kebinasaan), dengan cara yang tidak mereka ketahui," QS. Al-A’raf: 182.

Selain itu, hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan HR Ibnu Majah Nomor 4252, Ahmad Nomor 3568, 4012, 4414 dan 4016. Hadist yang berarti menyesal adalah taubat itu dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahiih al-Jaami’ ash-Shaghir Nomor 6678.

Sementara, Sekretaris Jenderal Majelis Dzikir Hubbul Wathon, Heri Haryanto Azumi menyebut Dzikir Kemerdekaan menjadi jembatan komunikasi antar ulama dan umat muslim Nusantara.

"Dzikir dan doa untuk bangsa menjadi jembatan atas kebuntuan komunikasi, kebuntuan silaturahim yang hari ini terjadi antara berbagai kelompok dalam rumah Indonesia," ungkap Heri.

Dzikir Kemerdekaan digelar di Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat pada hari ini, Rabu (1/8/2018) merupakan kali kedua Dzikir Kemerdekaan digelar.

Sebelumnya, Dzikir Kemerdekaan digelar di Istana Negara Jakarta pada tanggal 1 Agustus 2017.

Kali ini, Dzikir Kebangsaan akan diikuti sebanyak 500 ulama dan habaib serta 2.000 tamu undangan yang berasal dari seluruh Nusantara.

"Semoga Dzikir dan Doa di halaman Istana Merdeka tanggal 1 Agustus 2018 nanti akan membawa keberkahan bagi bangsa Indonesia tercinta. Amien Ya Robbal Alamin," tulis admin.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved