Perluasan Genap-Ganjil Diusulkan Hingga Oktober 2018

Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta berencana untuk memperpanjang kebijakan perluasan ganjil-genap hingga Oktober 2018.

Perluasan Genap-Ganjil Diusulkan Hingga Oktober 2018
Warta Kota/Rangga Baskoro
Kepala Dinas Perhubungan DKI, Andri Yansah. 

WARTA KOTA, KEMAYORAN---Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta berencana untuk memperpanjang kebijakan perluasan ganjil-genap hingga pelaksanaan Asian Para Games 2018 yang dimulai pada 6 Oktober 2018.

Perluasan ganjil-genap sebelumnya hanya berlaku selama pelaksanaan Asian Games 2018.

Kepala Dinas Perhubungan DKI, Andri Yansah, mengatakan, pihaknya akan mengusulkan untuk revisi peraturan gubernur (pergub) lagi terkait rencana ini.

Baca: Simulasi Perjalanan Atlet Asian Games 2018, dari Wisma ke TMII Makan Waktu 30 Menit

"Nanti kalau seumpamanya Asian Para Games 2018 diberlakukan lagi ada pergub lagi," kata Andri di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (1/8/2018).

Andri beralasan pemberlakuan perluasan ganjil genap sangat diperlukan bagi atlet difabel yang mengikuti Asian Para Games 2018.

Baca: Berlaku Sanksi Tilang, Sebanyak 600 Polisi Bersiaga di Kawasan Ganjil-Genap

Arena untuk atlet juga lebih banyak sehingga kebijakan ini sangat diperlukan.

"Di Asian Games diberlakukan, dan Asian Para Games juga minta diberlakukan. Karena arenanya lebih banyak Paragames. Atlet difabel lebih sensiitif daripada atlet normal berarti pemberlakuannya pun juga harus ekstra," kata Andri.

Nantinya terdapat perbedaan pelaksanaan ganjil-genap selama Asian Para Games 2018.

Jika pada Asian Games 2018 diberlakukan ganjil-genap selama 15 jam dari pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB. Pada pelaksanaan Asian Para Games 2018 akan diberlakukan pada waktu normal.

Rencana pelaksanaan perluasan ganjil-genap tersebut akan dilakukan tanpa jeda antara pelaksanaan Asian Games 2018 dan Asian Paragames 2018.

Baca: Sehari Sekitar 300 Pengendara Langgar Ganjil Genap, Besok Polisi Mulai Menilang

"Saya mengusulkan, kan ada rentang satu bulan dari 2 September-6 Oktober 2018. Saya usulkan, baru usulan, jangan dicabut bos. Kalau dicabut ganjil-genapnya nanti susah lagi," kata Andri.

Seperti diketahui, perluasan sistem ganjil genap dilakukan terkait perhelatan Asian Games 2018. Aturan tersebut akan berlaku di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Ahmad Yani, Jalan DI Panjaitan, Jalan MT Haryono, Jalan Gatot Subroto, sebagian Jalan S Parman, Jalan HR Rasuna Said, Jalan RA Kartini, Jalan Metro Pondok Indah, dan Jalan Benyamin Sueb.

Waktu pembatasan kendaraan dengan ganjil genap juga ditambah. Awalnya, aturan berlaku pukul 06.00-10.00 WIB. Namun dalam uji coba ini, aturan ganjil genap berlaku mulai pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Hari pemberlakukan ganjil-genap juga ditambah, jadi sejak Senin hingga Minggu. Sebelumnya, aturan berlaku Senin-Jumat.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved