Wadah Pengembangan Talenta Potensial Dalam Industri Kreatif

Sebagai agen perubahan, anak muda diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Wadah Pengembangan Talenta Potensial Dalam Industri Kreatif
Warta Kota/Gopis Simatupang
Denica Flesh dan Leonard Theosabrata 

WARTA KOTA, PALMERAH---Sebagai agen perubahan, anak muda diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk membantu mengentaskan permasalahan sosial-ekonomi dengan pendekatan kreatif.

Namun demikian, banyak anak muda dengan potensi istimewa dalam bidang kreatif belum terwadahi dengan baik termasuk dalam hal penciptaan inovasi.

Terlebih generasi sekarang punya kecenderungan instan yang dimudahkan akses internet untuk mencari inspirasi, sehingga sangat wajar ketika konsep usaha yang diusung hampir serupa.

Baca: Seminggu Pindah ke Rawa Bebek, Warga Bukti Duri Masih Binggung Lapangan Pekerjaan.

Leonard Theosabrata, telah berperan penting dalam industri kreatif.

Ia mendirikan sebuah bengkel kreatif bernama Indoestri Makerspace untuk mewadahi para pelaku industri kreatif agar dapat bertemu dan membuat berbagai produk inovatif lewat tangan sendiri.

Di sini pula, kegiatan Networking Day yang merupakan rangkaian program dan gerakan wirausaha sosial Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu dilaksanakan bagi anak muda Jakarta untuk menciptakan ide kreatif, mewujudkan gagasan dan mengembangkan jejaring kerja, serta membangun kerjasama (ko-kreasi).

Baca: Kemiskinan Meningkat, Pemprov DKI Didesak Ciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

Hadir dalam kegiatan ini, Leonard yang juga merupakan mentor program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu, membekali generasi muda untuk dapat mempertahankan sebuah merek (self-made) dan berbagi motivasinya mendirikan Indoestri Makerspace.

"Sebagai pelaku industri kreatif, penting bagi kita untuk memahami strategi self-made dengan cara mengerti keseluruhan proses produksi agar melahirkan banyak inovasi baru. Hal ini guna membangun usaha kreatif yang berkelanjutan," kata Leonard di Indoestri Makerspace, beberapa waktu lalu.

"Itulah mengapa saya mendirikan Indoestri Makerspace. Bukan untuk mencari laba semata, melainkan kehadiran bengkel kreatif ini berfokus pada orang-orang agar mampu menghasilkan sesuatu, memiliki visi yang kuat, sikap yang benar, dan mampu bertahan setelah keluar dari sini. Kami berharap dapat menumbuhkan banyak merek lokal baru yang berkualitas," katanya.

Baca: Bekraf Bawa 14 Merek Lokal Pameran di Singapura Dalam Rising Fashion 2018

Salah satu sosok generasi muda yang memiliki usaha berkelanjutan dalam industri kreatif adalah Denica Flesch, Founder SukkhaCitta.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help