Pemprov DKI Warnai Separator, Ikatan Arsitek Tidak Pernah Dilibatkan

"Tidak pernah diminta dan IAI tidak pernah menganjurkan. Jadi kami tidak pernah terlibat dalam hal itu,"

Pemprov DKI Warnai Separator, Ikatan Arsitek Tidak Pernah Dilibatkan
Kompas.com
Separator jalan dihiasi warna-warni di kawasan TMII, Jakarta Timur, Minggu (29/7/2018)(Stanly Ravel) 

Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia ( IAI) Ahmad Djuhara mengatakan, secara kelembagaan IAI tidak pernah diajak berdiskusi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI terkait pewarnaan kota yang dilakukan dalam beberapa waktu terakhir.

"Tidak pernah diminta dan IAI tidak pernah menganjurkan. Jadi kami tidak pernah terlibat dalam hal itu," kata Djuhara kepada Kompas.com, Senin (30/7/2018).

Namun secara pribadi, ia kurang setuju dengan upaya pewarnaan separator jalan yang dilakukan pemprov dalam rangka menyambut Asian Games 2018.

Menurut Djuhara, bila dikaitkan dengan arstitektur sebuah bangsa, maka infrastruktur didesain secara matang.

Jauh lebih baik bila infrastruktur yang ada menggunakan warna murni seperti warna beton, dibandingkan harus dicat warna-warni.

"Banyak orang mengatakan kalau beton itu keras ya. Ini tergantung, ada yang keras tapi bagus kok. Tergantung referensi kita saja. Mungkin rasanya sih sebaiknya infrastruktur tidak dicat seperti itu," terang Djuhara.

Lebih jauh, ia menilai, bahwa pewarnaan dilakukan tanpa ada perencanaan dengan benar, sehingga terkesan tidak teratur dan rapi.

"Dalam hal Kota Jakarta, akan sangat belang belonteng atau amburadul ya. Itu kata yang sangat kasar. Terasa tidak dipikirkan dengan benar, tidak direncanakan dengan benar pewarnaan seperti itu," kata Djuhara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "IAI Tidak Pernah Dilibatkan dalam Mewarnai Separator Jakarta", https://properti.kompas.com/read/2018/07/31/100000621/iai-tidak-pernah-dilibatkan-dalam-mewarnai-separator-jakarta.
Penulis : Dani Prabowo
Editor : Hilda B Alexander

Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help