Budayawan Ini Sebut Anies Baswedan Jenius Karena Melihat Hal yang Tak Bisa Dilihat Orang Lain

SENIMAN dan budayawan, Jaya Suprana, menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan seorang yang jenius.

Budayawan Ini Sebut Anies Baswedan Jenius Karena Melihat Hal yang Tak Bisa Dilihat Orang Lain
youtube Jaya Suprana Show
Anies Baswedan saat diwawancara oleh Jaya Suprana 

SENIMAN sekaligus budayawan, Jaya Suprana, menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan seorang yang jenius. 

Jaya Suprana mengungkapkan itu ketika mewawancarai Anies Baswedan, beberapa waktu lalu. 

Hasil wawancaranya diunggah di akun youtubenya 'Jaya Suprana Show' dengan judul 'Anies Rasyid Baswedan - Satu Wilayah Seluruh Sektor ( Part 5/5 )'.

Jaya Suprana terpukau dan menyebut Anies Baswedan sebagai seorang yang jenius usai Anies secara detail menceritakan kisah Soekarno mengajar baca di alun-alun Yogyakarta pada tahun 1948.

Ketika itu sebenarnya Anies Baswedan sedang menjelaskan tentang bagaimana seharusnya sebuah pemerintahan berjalan untuk rakyatnya.

Tapi Anies Baswedan memilih memberi contoh hingga menceritakan kisah Soekarno itu. 

"Pak jaya, coba nanti Pak Jaya kapan-kapan lihat saat Bung Karno meluncurkan usaha pemberantasan buta huruf tahun 1948 di alun-alun Jogja. Disitu ada papan tulis besar, lalu Bung Karno menulis A I U E O. Lah wong 90 persen buta huruf, ya jadi harus dilancarkan. Itu banner diatasnya tulisannya begini ‘BANTULAH USAHA PEMBERANTASAN BUTA HURUF’. Coba kata pertamanya apa, BANTULAH. Negara itu berkata kepada rakyat semua, sodara-sodara BANTULAH..BANTULAH..ayo selesaikan. Itulah kenapa republik ini bisa survive, karena pemimpinnya berpikir sebagai gerakan, bukan berpikir sebagai administrator, bukan berpikir sebagai service provider," kata Anies Baswedan.

Usai Anies Baswedan menerangkan soal itu, Jaya Suprana lekas menyebutnya sebagai seorang jenius. 

"Tapi terus terang ya, saya takjub kepada kemampuan anda untuk menemukan hal-hal yang orang lain nggak lihat. Ya itu tadi, tulisan BANTULAH itu buat anda punya makna yang besar sekali. Saya dulu juga lihat, tapi nggak ngerti. Jadi kan belakangan saya mempelajari apa yang disebut jenius. Orang banyak salah ngerti bahwa jenius itu adalah kecerdasan. Nggak, nggak begitu. Jenius adalah kemampuan melihat yang orang lain tidak melihat. Nah anda dalam hal ini saya akui anda jenius. Saya yakin anda tidak mau dibilang, tapi yang ngomong saya,"kata Jaya Suprana.

Anies Baswedan juga kelihatan mendapat pujian seperti itu. Tapi ia hanya tertawa sebenar, lalu tawa itu cepat hilang dari mukanya. 

Halaman
1234
Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved