Jaga Biota Laut, 20 Pemuda Ikuti Pelatihan Transplantasi Terumbu Karang

Pelatihan transplantasi dan penanaman terumbu karang hasil kerjasama SKK Migas dan China National Offshore itu diikuti sebanyak 20 pemuda

Jaga Biota Laut, 20 Pemuda Ikuti Pelatihan Transplantasi Terumbu Karang
Sebanyak 20 pemuda ikut pelatihan transplantasi terumbu karang. (Foto: Humas Pemerintah Kepulauan Seribu) 

MEMELIHARA sekaligus menjaga biota laut di Kepulauan Seribu, Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Pulau Panggang menggelar pelatihan transplantasi dan penanaman terumbu karang di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Selatan selama tiga hari, mulai dari tanggal 27-29 Juli 2018.

Pelatihan transplantasi dan penanaman terumbu karang hasil kerjasama SKK Migas dan China National Offshore Oil Corporation (CNOOC) itu diikuti sebanyak 20 pemuda di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Pulau Pramuka, Panggang, Kelapa dan Harapan.

"Hasil pelatihan ini diharapkan berguna dalam melestarikan terumbu karang dan biota laut bawah air, meningkatkan pariwisata dan ekonomi masyarakat," kata Masyuti Yasin, perwakilan Manajemen SKK Migas dan CNOOC dalam siaran tertulis pada Senin (30/7/2018).

Selain itu, lanjutnya, pelatihan tersebut dapat menjadi bekal keterampilan di laut agar bermanfaat bagi diri peserta dan lingkungannya. Sekaligus meningkatkan kemajuan industri di sektor pariwisata.

Bersamaan, Mansyur Ketua LKM Pulau Panggang berharap para pemuda dapat menjadi duta terumbu karang. Sehingga diharapkan bertanggungjawab dan dapat membuat model transplantasi terumbu karang yang baik serta melayani wisatawan dengan baik.

"Memberikan pengetahuan dan keterampilan dibidang konservasi terumbu karang serta sebagai upaya memulihkan terumbu karang yang rusak. Sehingga mereka bisa menjaga hingga puluhan tahun," tutupnya. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved