Pedagang Hewan Kurban Kota Bekasi Dilarang Berjualan di Trotoar dan Area Sekitar Venue Asian Games

"Kita larang mereka berjualan di atas trotoar karena mengganggu pengguna jalan maupun pejalan kaki," tutur Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Bekasi

Pedagang Hewan Kurban Kota Bekasi Dilarang Berjualan di Trotoar dan Area Sekitar Venue Asian Games
Warta Kota/Dwi Rizki
Ilustrasi pedagang kambing di trotoar di sisi Jalan KH Mas Mansyur, tepatnya di simpang Jalan Kebon Kacang mengarah ke Thamrin City, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

DINAS Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi melarang pedagang hewan kurban berjualan diatas trotoar.

"Kita larang mereka berjualan di atas trotoar karena mengganggu pengguna jalan maupun pejalan kaki," tutur Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Bekasi, Johan Budi Gunawan, pada Minggu (29/7/2018).

Johan Budi mengatakan larangan itu dibuat sebagai langkah antisipasi masalah kemacetan atau gangguan penjalan kaki akibat tertutup lapak penjual.

"Selain mengganggu lalu lintas, berjualan di trotoar juga merusak estetika kota dan kerapihan," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Johan pihaknya pada 1 Agustus 2018 nanti akan segera menyebar surat edaran perihal larangan tersebut.

"Surat edaran sedang kita siapakan kalau sudah rampung, kita akan sebar ke sekertariat RT dan tiap-tiap Kecamatan. Diharapkan penjual taati surat edaran itu, nanti kita koordinasi dengan Satpol PP untuk penertibannya," ujarnya.

Sementara Kepala Satpol PP Kota Bekasi Cecep Suherlan mengatakan, akan menjalankan surat edaran Dishub bagi penjual hewan kurban yang berjualan diatas trotoar yang dapat mengganggu lalu lintas dengan menyebabkan kemacetan.

"Kami akan tertibkan, tetapi dari penjual sendiri juga harus ada kesadaran untuk tidak berdagang di trotoar. Masih ada lokasi lain yang sekira tidak menganggu, " kata Cecep

Cecep juga menjelaskan akan menertibkan penjual hewan kurban di area sekitar venue Asian Games di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi.

"Kami juga akan antisipasi penjual hewan di area sekitar venue. Kami koordinasikan ke para camat untuk mengimbau kepada para pedagang hewan kurban ini tidak berjualan di badan jalan dan di atas trotoar. Kalau ada yang nekad akan kami tertibkan," tandasnya. (M18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved