Home »

News

» Jakarta

Lomba Mural Asian Games Antar Kampung, Warga Sunter Yakin Juara

“Kita optimis menang, 100 persen. Kita semua kan memang punya bakat lukis dan kebetulan basic-nya sekolah seni rupa,”

Lomba Mural Asian Games Antar Kampung, Warga Sunter Yakin Juara
Warta Kota
Warga Kelurahan Sunter Jaya, membuat mural 

Warga Kelurahan Sunter Jaya, Gilang Pratama (18) mengaku optimis mural karyanya bersama dengan teman-temannya yang lain akan menjadi pemenang dalam ajang Lomba Mural Antar Kampung se Jakarta Utara.

Gilang menceritakan dirinya bersama dengan teman-temannya yang lain memiliki modal penting untuk menjadi pemenang dalam lomba yang digelar oleh Komunitas Masyarakat Kreatif Sunter Jaya tersebut.

“Kita optimis menang, 100 persen. Kita semua kan memang punya bakat lukis dan kebetulan basic-nya sekolah seni rupa,” ungkapnya, Minggu (29/7).

Sebagai lokasi pembuatan mural, pihaknya memilih tembok rumah warga yang berada di Jalan Bentengan Mas 2 RT 05/RW 06, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Gilang menilai lokasi tersebut memenuhi kriteria yang telah ditetapkan panitia.

“Kita juga ijin dulu sama yang punya rumah sebelum dibikin mural. Kita bikin peta Indonesia yang ada gambar reboisasi untuk mengatasi global warming. Kalau lokasinya, ini memang strategis, dekat kantor RW dan jalur utama warga,” katanya.

Pembina Utama Komunitas Masyarakat Kreatif Sunter Jaya Hery Yamsyah Apandy mengatakan lomba tersebut akan digelar sejak 29 Juli hingga 4 Agustus mendatang. Sementara untuk peralatan seperti cat dan sebagainya disediakan oleh panitia.

“Jumlah peserta ada 30 titik di 15 kelurahan yang ada di Jakarta Utara. Mereka ini yang ikut lomba harus melampirkan surat keterangan dari RT/RW hingga lurah,” ungkapnya.

Nantinya ada beberapa kriteria sebagai syarat untuk menjadi pemenang mulai dari harus warga setempat yang mengerjakan mural tersebut hingga kreativitas ide para peserta. Penilaian akan dilakukan oleh tim juri yang berasal dari panitia, ahli mural dan lain-lain.

“Tema muralnya Asian Games 2018 dan Kampung Klinton (Klin, Tertib dan Menonjol). Proses pembuatannya akan dipantau secara online, jadi ketahuan sudah sampai mana progres muralnya,” ujarnya.

Hery mengatakan kegiatan itu untuk meningkatkan kapasitas para pemuda penggerak masyarakat yang akan melahirkan lebih banyak individu yang mampu membangun untuk memberikan kontribusi bagi Jakarta.

“Para peserta diharapkan mampu mengelola masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya. Mampu melihat berbagai macam permasalahan sosiao dan mampu memberikan solusi efektif hati masyarakat sekitar,” katanya.

Nantinya para peserta akan memperebutkan uang senilai total Rp 30 juta dan piala Wali Kota Jakarta Utara. Adapun wilayah yang mengikuti lomba tersebut di antaranya RT 07/RW 07 Sunter Agung, RT 07/RW 03 Pejagalan dan lain-lain. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help