Gubernur Anies Heran KASN Bikin Siaran Pers

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sudah menerima surat resmi tentang pemberhentian sejumlah pejabat tinggi

Gubernur Anies Heran KASN Bikin Siaran Pers
Warta Kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri Lebaran Betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Minggu (29/7/2018) 

- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sudah menerima surat resmi tentang pemberhentian sejumlah pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Namun ia mengaku heran mengapa Ketua KASN, Ofian Effendi membuat siaran pers dan menyebarkannya ke publik.

"Surat resmi sudah diterima, yang saya heran bukan surat resminya, yang saya heran kok ada press release," ujar Anies di Setu Babakan, Jagakarsa Jakarta Selatan, Minggu (29/7/2018).

Menurut Anies, tersebarnya siaran pers adalah proses berpolitik karena dapat membentuk opini dimasyarakat.

"Antar instansi pemerintah itu biasa kok saling berkirim surat. Tapi ketika ada press release dari KASN, saya berpikir kok jadi seperti kegiatan politik, karena justru pertanyaan saya itu, kok jadi Ketua KASN berpolitik? Ini kan membentuk opini, itu kan sebuah proses politik," ungkapnya.

Ia tidak ingin membeberkan urusan ini lebih jauh dan ingin bersikap profesional. Ia juga katakan saat menerima surat dan sudah siap untuk memberikan jawaban serta klarifikasi mengenai persoalan tersebut

"Saat itu juga sudah siap jawabannya, mungkin malah sudah dikirim pak Sekda. Cukup Pak Sekda itu sih, biar KASN berpolitik saja, saya kerja profesional," ucap Anies.

Ia menegaskan tidak akan membuat siaran pers seperti yang dilakukan KASN, cukup dengan memberikan surat balasan.

"Kalau proses administrasi kan biasa saja, berkirim surat, tunggu jawaban. Kami kirim jawaban resmi seperti instansi pemerintah saling berkirim surat. Kami tidak akan bikin press release, kami tidak akan berpolitik dalam urusan ini," jelas Anies.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, KASN membuat siaran pers pada 27 Juli 2018 yang berisi empat rekomendasi terkait pemberhentian sejumlah pejabat.

"Gubernur DKI Jakarta agar segera mengembalikan para pejabat pimpinan tinggi yang diberhentikan melalui surat Gubernur DKI Jakarta Nomor 1000 Tahun 2018 dan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1036 Tahun 2018 tersebut kepada jabatan semula," kata Ketua KASN Sofian Effendi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/7/2018). (M16)

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved