Festival Condet Diadakan Berbarengan Dengan Lebaran Betawi, Panitia Kecewa

Panitia agak kecewa karena Festival Condet digelar berbarengan dengan Lebaran Betawi.

Festival Condet Diadakan Berbarengan Dengan Lebaran Betawi, Panitia Kecewa
Warta Kota/Rangga Baskoro
Suasana meriah Festival Condet. 

KETUA Panitia Festival Condet Hafidz Setiawan menyatakan kekecewaannya kepada Pemprov DKI Jakarta.

Hal tu dikarenakan festival tahunan yang digelar sejak 2016 lalu itu diadakan berbarengan dengan Lebaran Betawi 2018 di Setu Babakan, Jakarta Selatan.

Padahal, sambung Hafidz, Festival Condet selalu diagendakan setiap tahun di akhir bulan Juli, sejak 2 tahun lalu.

Hingga kemudian Lebaran Betawi mengambil tanggal yang sama dengan diselenggarakannya Festival Condet.

"Ini sudah dua tahun (bentrok) seperti ini, biasanya yang namanya acara Pemda (Lebaran Betawi) itu sukanya dadakan, kami sudah diagendakan pada setiap bulan akhir Juli. Sedangkan acara lain mengikuti kami. Biasanya kami rapat dari Bulan November untuk menentukan tanggal. Kemudian barulah rapat di Kantor Wali Kota Jakarta Timur." ungkap Hafidz di Jalan Condet Raya, Sabtu (28/7/2018).

Ketua Panitia Festival Condet
Ketua Panitia Festival Condet Hafidz Setiawan (Warta Kota/Rangga Baskoro)

Hafidz menuturkan terdapat tiga festival kebudayaan Betawi yang diagendakan Pemprov DKI. Secara berurutan, festival yang pertama diselenggarakan yakni Festival Palang Pintu Kemang pada Mei lalu, Lebaran Betawi kemudian Festival Condet pada Juli.

"Festival yang diagendakan Pemda itu pertama Kemang, Lebaran Betawi baru Featival Condet. Tapi sejak pergantian di Dinas Pariwisata semakin enggak jelas. Kami kan dari 2016, pas Zaman Pak Ahok, kemudian ganti lagi Pak Djarot dan sekarang Pak Anies. Mungkin ada penggantian kebijakan juga kali ya," ujarnya.

Terlebih lagi, pada penyelenggaraan Festival Condet di tahun ketiga kali ini, baik Gubernur atau Wagub DKI Jakarta tidak bisa menghadiri acara Festival Condet karena lebih mengutamakan datang ke Lebaran Betawi 2018.

"Sebenarnya kami agak menyesal juga karena Gubernur dan Wagub enggak datang. Padahal tahun lalu Pak Wagub Djarot datang. Ya mungkin yang di sebelah (Lebaram Betawi) karena ada Pak Presiden katanya mau datang, jadi tidak apa-apa," tutur Hafidz.

Kendati demikian, Hafidz tidak merasa tersaingi. Ia justru menyatakan antusiasme warga menghadiri Festival Condet lebih besar ketimbang berkunjung ke Setu Babakan.

"Kami enggak merasa tersaingi. Kalau lihat diberita-berita dan medsos, keramaian pengunjung itu lebih padat di sini ya. Mereka ramai karena ada pejabat dan Presiden. Kami enggak ada artis atau pejabat tetap ramai. Antusiasme warga lebih ramai tahun ini," ungkapnya.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help