Dikebut Terus, Tol Layang Jakarta-Cikampek Siap Layani Arus Mudik 2019

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek didesain bagi pengguna jalan tol yang melakukan perjalanan jarak jauh, bukan jarak pendek.

Dikebut Terus, Tol Layang Jakarta-Cikampek Siap Layani Arus Mudik 2019
Antara Foto/Risky Andrianto
PEKERJA menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II, di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi Timur, Jawa Barat, Selasa (8/8/2017). 

PEMBANGUNAN Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) terus dikebut. PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek menargetkan konstruksi jalan tol tersebut dapat selesai pada akhir Maret 2019.

Direktur Utama JJC Djoko Dwijono mengatakan, paling tidak, mudik tahun depan Tol Jakarta-Cikampek bertambah kapasitasnya dengan berfungsinya tol layang ini.

Saat ini pekerjaan konstruksi tol layang sepanjang 38 kilometer tersebut sudah mencapai 40 persen. Jalan bebas hambatan itu nantinya terbentang mulai dari Cikunir hingga Karawang.

"Dalam rencana kami, akhir Maret 2019 bisa diselesaikan. Kemudian uji laik fungsi dan laik operasi mungkin April. Paling tidak mudik itu bisa tambah kapasitas," kata Djoko dalam sebuah talkshow di Jak TV bertajuk Tol di Atas Tol (Jakarta-Cikampek), Senin (23/7/2018) malam.

Ia menegaskan, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek didesain bagi pengguna jalan tol yang melakukan perjalanan jarak jauh. Hal ini sekaligus untuk mengurangi kepadatan arus kendaraan yang melakukan perjalanan jarak dekat melalui tol ini.

Sebagai gambaran, setiap hari tak kurang dari 140.000 kendaraan yang melintasi Tol Jakarta-Cikampek, baik itu yang menuju Cikampek maupun Jakarta.

"Jadi ini bisa membantu (mengurai kemacetan)," kata dia.

Sosrobahu

Tol Layang Jakarta-Cikampek dibangun dengan menggunakan teknik sosrobahu rancangan insinyur asal Indonesia, Tjokorda Raka Sukawati.

Ada 294 pier head yang dibangun di atas konstruksi tol ini. Dari jumlah tersebut, 200 di antaranya dipasang dengan menggunakan teknik sosrobahu.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved