Binmas Noken Polri Diharap Bisa Berdayakan Perekonomian Warga Papua di Pegunungan

program pemberdayaan masyarakat diyakini sebagai cara efektif dalam upaya penyelesaian masalah kekerasan di Papua

Binmas Noken Polri Diharap Bisa Berdayakan Perekonomian Warga Papua di Pegunungan
Istimewa (Polri)
Kegiatan pemberdayaan masyarakat Papua oleh Binmas Noken Polri 

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengirim Satgassus Operasi Papua untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat Papua, terutama program pemberdayaan masyarakat melalui pembangunan ekonomi di beberapa kabupaten pegunungan Papua.

Wakasatgassus Binmas Papua, Kombes Tornagogo Sihombing menjelaskan pelaksanaan operasi kepolisian satuan tugas khusus Papua ini untuk mewujudkan Papua yang sejahtera, aman dan tertib.

Untuk itu dibentuklah Satgas Binmas Noken yang saat ini sedang mengimplementasikan suatu program yaitu pemberdayaan masyarakat melalui program pembangunan ekonomi di beberapa kabupaten daerah pegunungan tengah Papua.

“Sebab, program pemberdayaan masyarakat diyakini sebagai cara efektif dalam upaya penyelesaian masalah kekerasan di Papua ketimbang menggunakan pendekatan represif,” kata Sihombing dalam keterangan persnya, Kamis (26/7/2018).

Wakil Direktur Tindak Pidana Tertentu (Wadir Tipiter) Bareskrim Polri ini mengatakan program pemberdayaan yang dimaksud adalah pemanfaatan potensi sumber daya alam, baik melalui pengelolaan lahan maupun potensi kelautan dan perikanan.

“Atau dapat dikatakan juga sebagai program pembangunan ekonomi masyarakat melalui program high land, low land dan coast land,” ujarnya.

Sementara, Sihombing berharap program ini dapat menyerap tenaga kerja yang begitu banyak di Papua terutama daerah pegunungan tengah Papua yang selama ini rentan terjadinya kekerasan oleh kelompok kriminal bersenjata.

Menurut dia, pemberdayaan masyarakat merupakan cara efektif yang dilakukan Polri melalui Operasi Satgassus Papua bersama-sama dengan pemerintahan daerah setempat dalam upaya menyelesaikan persoalan sosial kemasyarakatan, yaitu dengan cara membantu masyarakat meningkatkan perekonomian mereka.

“Hal ini diyakini dapat menurunkan eskalasi konflik yang ada dan justru dapat memberikan pilihan yang tepat bagi masyarakat yang belum mendapatkan lapangan kerja di Papua. Pemberdayan masyarakat dinilai dapat juga menjadikan anak muda Papua dapat menjadi wirausaha melalui pemanfaatan peluang usaha ini,” tandasnya.

Sebelumnya, Kasatgassus Binmas Operasi Papua Kombes Pol Eko Sudarto menjelaskan Binmas Noken itu berangkat dari kelanjutan Binmas Pioneer yang pernah diimplementasikan di Papua pada 1993. Menurut dia, Binmas Noken diambil dari salah satu warisan budaya bangsa atau masyarakat Papua.

Halaman
12
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help