Home »

Bogor

Kolam Jaring Apung (KJA) Terbakar di Waduk Cirata, Purwakarta, Pelakunya Ditangkap

Aksi pembakaran itu merupakan buntut kekesalan petani lantaran kerap kehilangan ikan sebelum masa panen.

Kolam Jaring Apung (KJA) Terbakar di Waduk Cirata, Purwakarta, Pelakunya Ditangkap
Tribun Jabar
Sebuah kolam jaring apung (KJA) di Waduk Cirata wilayah Desa Tegaldatar, Maniis, Purwakarta terbakar, Rabu (25/7/2018). 

WARTA KOTA, BOGOR - Sebuah kolam jaring apung (KJA) di Waduk Cirata wilayah Desa Tegaldatar, Maniis, Purwakarta terbakar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun Jabar, kebakaran tersebut menghanguskan bangunan KJA tersebut hingga asap hitam pun membumbung tinggi.

Kapolsek Maniis, AKP Agus Yudi membenarkan adanya insiden kebakaran KJA di wilayah hukumnya.

Menurutnya, insiden itu dikabarkan terjadi akibat orang-orang yang menempati KJA terbakar itu sebelumnya melakukan aksi pencurian ikan di KJA Waduk Cirata wilayah Gandasoli, Cipendeuy, Kabupaten Bandung Barat.

Akibatnya, ratusan massa yang merasa dirugikan oleh aksi pencurian itu diduga melakukan aksi balasan dengan membakar KJA milik terduga pelaku pencuri ikan yang berlokasi di wilayah Desa Tegaldatar, Maniis, Purwakarta.

Aksi pembakaran itu merupakan buntut kekesalan petani lantaran kerap kehilangan ikan sebelum masa panen.

"Ada 11 unit KJA yang dirusak, dan sekitar dua saung. Namun kasus pencurian ini ditangani oleh Polsek Cipendeuy, KBB, dan para pelaku sudah diamankan di sana," kata Agus saat dikonfirmasi melalui telepon oleh Tribun Jabar, Rabu (25/7/2018).

Ketiga pelaku terduga pencuri ikan yang kini diproses dan diamankan oleh Polsek Cipendeuy, Bandung Barat, yaitu diantaranya Karmin (45), Asuy (30), dan Indra (21).

Kapolsek Maniis, AKP Agus Yudi pun langsung mendatangi TKP pembakaran untuk meredam aksi massa yang emosi agar tidak meluas.

Sesaat setelah itupun, situasi di sekitar kejadian, kata Agus telah kembali kondusif dan tidak ada lagi penumpukan massa.

"Aksi itu murni berawal dari pencurian ikan, karena tidak puas kepada pelaku, warga membakar KJA milik pelaku. Bukan karena dampak penertiban KJA," ujarnya.

Selain itu pihaknya pun telah berkoordinasi dengan pihak Polair, untuk menindaklanjuti pembakaran tersebut. Sebab, pasalnya, aksi pembakaran dilakukan di wilayah air. (Haryanto)

Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help