Aetra Operasikan Smart Control Room di IPA Buaran

Guna meningkatakan efisiensi control, PT Aetra Air Jakarta meresmikan sistem ruang kontrol berteknologi (smart control room)

Aetra Operasikan Smart Control Room di IPA Buaran
Warta Kota/Joko Supriyanto
Direktur Utama Aetra, Mohamad Selim dan Direktur Utama PAM Jaya, Erlan Hidayat meresmikan Smart Control Room Aetra di IPA Buaran. 

GUNA meningkatakan efisiensi control, PT Aetra Air Jakarta meresmikan sistem ruang kontrol berteknologi (smart control room) di Instalasi Pengolahan Air Buaran, Jakarta Timur.

Nantinya control room tersebut berfungsi sebagai tempat untuk memonitoring, menganalisa dan melakukan kontrol terhadap operasional proses produksi air baku menjadi air bersih sekaligus proses distribusinya sampai ke pelanggan secara online yang terpantau di layar monitor.

Direktur Utama Aetra, Mohamad Selim mengatakan bahwa Aetra Control Room akan menangkap semua hasil dari sensor-sensor yang telah dipasang dilapangan maupun input dari operator dan kemudian memberikan informasi jalannya operasi jika terjadinya ketidaksesuaian dalam operasional dari upstream sampai downstream.

"Saat ini, smart control room memantau kegiatan di 12 titik yang merupakan jaringan Aetra di Jakarta Timur dan Jakarta Utara dan ini yang terpantau jaringan primer," kata
Mohamad Selim, Rabu (25/7/2018).

Dikatakan Mohamad, bahwa didalam Control Room tersebut dapat memantau sekitar 500 titik, namun dari 500 titik tersebut ada 12 titik kritis yang saat ini dapat terpantau, sementara sisanya saat ini masih dalam tahap connection.

"Itu masih dalam tahap connection karena kita harus pasang sensor dilapangan seperti itu, jadi 500 itu seluruh jaringan kita, karena ini jaringan primer jadi hanya 12 titik kritis saja yang ditunjukan," ucapnya.

Menurutnya pihaknya telah memasang sensor dan parameter untuk proses produksi distribusi yang meliputi IPA, inline booster pump (Tugu, Kiwi, dan Halim), dan pompa tekan (Sumur Batu, Cilincing, Pasar Rebo, JGC, dan Sunter).

Selain itu, Aetra juga memonitor CCTV di seluruh area kerja, aset meter pelanggan, data tekanan, debit, volume, dan titik kebocoran (non revenue water/NRW). Pembangunan smart control room merupakan salah satu janji Aetra kepada Pemprov DKI dan PAM Jaya yang tertuang dalam Master Agreement.

"Dana untuk bangun control room sekitar Rp.1,3 miliar. Kalau dihitung secara keseluruhan kurang lebih Rp.3 miliar," katanya.

Selain itu dengan adanya smart control room ini, tentunya ada beberapa sistem operasional yang semakin jauh lebih baik, yaitu sistem sudah terintegrasi sehingga penangganan gangguan bisa lebih cepat.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved