Pengganti Rayendra Sukarmadji, Dadang Hidayat Layak Menjadi Sekretaris Daerah Kota Bekasi

Dadang Hidayat merupakan aparatur senior dan mampu menyiapkan seleksi calon Sekda definitif pasca Wali Kota Bekasi terpilih.

Pengganti Rayendra Sukarmadji, Dadang Hidayat Layak Menjadi Sekretaris Daerah Kota Bekasi
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Sekretaris Daerah Kota Bekasi Rayendra Sukarmadji disambut ASN Pemkot Bekasi, Selasa (24/7/2018). Ia akan pensiun pada 1 Agustus 2018. 

WARTA KOTA, BEKASI---Pemerhati Kebijakan dan Pelayanan Publik Bekasi, Didit Susilo, menilai Asisten Daerah III Kota Bekasi, Dadang Hidayat, sebagai aparatur yang pas menduduki jabatan pengganti Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Rayendra Sukarmadji.

Dia menilai, Dadang Hidayat merupakan aparatur senior dan mampu menyiapkan seleksi calon Sekda definitif pasca Wali Kota Bekasi terpilih.

Baca: Pensiun, Sekretaris Daerah Kota Bekasi Ingin Menduduki Jabatan BUMD Baru

Menurut dia, Penjabat Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah tetap merupakan jabatan transisi hingga Wali Kota Bekasi terpilih dilantik.

Kepala daerah definitif hasil pemenang Pilkada, kata dia, memiliki diskresi yang juga dilindungi UU, salah satunya mutasi, rotasi dan promosi tentu dengan prosedural baku pemerintahan.

Baca: Satpol PP Tanggpi Keluhan Tokoh Masyarakat Tidak Bisa Masuk ke Kantor Pemkot Bekasi

"Lebaih baik, proses lelang terbuka (open biding) atau assessment calon Sekda dibuka pasca Wali Kota Bekasi terpilih dilantik. Meski Sekda jabatan karir birokrasi, namun harus 'sejalan' dengan wali kota," kata Didit, Selasa (24/7/2018).

Dia menjelaskan, hal ini mengacu pada UU Nomor 5 Tahun 2014. Pada Pasal 73 di UU itu, disebutkan agar memperhatikan larangan konflik kepentingan, mengikuti aturan UU ASN dan tidak berdasarkan suka tidak suka atau dukung atau tidak mendukung dalam Pilkada.

Selain itu, dalam PP Nomor 12 tahun 2017 tentang manajemen PNS juga dijelaskan, jabatan Sekda harus mendapat rekomendasi Baperjakat dan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara.

Baca: Tokoh Masyarakat dan Lintas Agama Kecewa terhadap Penjabat Wali Kota Bekasi

Calon sekretaris daerah juga harus dua kali menduduki jabatan tinggi pratama yang berbeda di dinas atau badan.

"Tentunya yang paling penting mendapat 'lampu hijau' dari wali kota terpilih agar tidak muncul kegaduhan. Namun semua kepala dinas atau kepala badan tinggi pratama yang sudah memenuhi syarat dan kriteria punya hak mengikuti open biding calon sekda," katanya.

Isak tangis mewarnai kedatangan Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Rayendra Sukarmadji di kantornya, Plaza Pemerintah Kota Bekasi, Selasa (24/7/2018).

Para aparatur menangis haru dan sedih karena Rayendra selaku birokrat tertinggi di kota berjuluk Patriot ini akan memasuki masa pensiun pada 1 Agustus 2018.

Kedatangan Rayendra juga disambut tarian khas Bekasi oleh sejumlah penari perempuan.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help