Pilpres 2019

Jokowi akan Umumkan Nama Cawapresnya Tanggal 9 Atau 10 Agustus

Pada pertemuan tersebut, menurut Arsul, nama cawapres telah disebutkan dan disepakati oleh enam ketua umum parpol.

Jokowi akan Umumkan Nama Cawapresnya Tanggal 9 Atau 10 Agustus
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
PRESIDEN Joko Widodo santap malam bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang di Istana Bogor, Senin (23/7/2018) malam. 

SEKRETARIS Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengungkapkan, dalam pertemuan enam ketua umum partai politik dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Jawa Barat, telah disepakati satu nama calon wakil presiden.

Nama cawapres Jokowi tersebut akan diumumkan pada 9 atau 10 Agustus mendatang.

"Memang sudah dikerucutkan satu nama ya, namun kesepakatannya adalah bahwa Pak Jokowi sendiri yang nanti akan mengumumkan siapa nama itu menjelang pilpres, ya kira-kira tanggal 9-10 lah. Itu kesepakatannya," ungkap Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Baca: Ini Enam Kesepakatan Parpol Pengusung Jokowi, Cawapres Diumumkan di Pengujung Waktu Pendaftaran

Pada pertemuan tersebut, menurut Arsul, nama cawapres telah disebutkan dan disepakati oleh enam ketua umum parpol. Nama tersebut merupakan satu dari 10 nama yang selama ini santer disebutkan.

"Ya kalau infonya karena yang dibahas itu di antara 10 nama ya logisnya adalah satu di antara 10 nama itu," katanya.

Menurut Arsul, kesepakatan mengenai cawapres tersebut tidak akan berubah, meskipun nantinya ada parpol baru yang bergabung ke dalam koalisi. Menurutnya, parpol baru yang akan bergabung harus menyesuaikan dengan kesepakatan koalisi.

Baca: Jokowi Belum Umumkan Cawapres, Fadli Zon Bandingkan dengan SBY

"Yang diambil oleh para ketum ini adalah yang datang belakangan ini yang harus menyesuaikan dengan yang enam, bukan yang kemudian menentukan atau memberikan syarat baru untuk bergabung dengan koalisi," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PPP Romahurmuziy atau yang akrab disapa Romy, memberikan klarifikasi soal 10 nama yang digadang-gadang menjadi cawapres pendamping Joko Widodo.

Ke-10 orang itu adalah Romi sendiri, KH Ma'ruf Amin, Din Syamsudin, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Airlangga Hartarto, Mahfud MD, Moeldoko, Sri Mulyani, Susi Pudjiastuti, dan Chairul Tanjung. (Taufik Ismail)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved