Tidak Dipenuhi Pengembang, Warga Graha Cinere I Swadaya Bangun Portal

Cukup banyak fasos dan fasum yang dijanjikan pengembang ke warga sampai kini belum direalisasikan.

Tidak Dipenuhi Pengembang, Warga Graha Cinere I Swadaya Bangun Portal
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Karena tak juga dipenuhi pengembang sekaligus demi faktor keamanan lingkungan, warga perumahan Graha Cinere I, RW 12, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Kota Depok, akhirnya secara swadaya membangun portal untuk menutup salah satu jalan tembus di wilayah mereka, Jumat (20/7/2018). 

WARTA KOTA, DEPOK----Pengembang belum memenuhi membuat portal untuk keamanan lingkungan, warga perumahan Graha Cinere I RW 12, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Kota Depok, swadaya membangun portal untuk menutup salah satu jalan tembus di wilayah mereka, Jumat (20/7/2018).

Pembuatan portal secara swadaya ini karena pengembang perumahan abai atas sejumlah fasilitas sosial dan fasilitas umum yang sebelumnya dijanjikan.

"Karena alasan itu dan demi faktor keamanan lingkungan, akhirnya kami, warga membangun sendiri portal di jalan tembus yang berbatasan dengan Cinere Parkview dan Graha Cinere III," kata Mahendro, warga Graha Cinere I di lokasi pembuatan portal, Jumat (20/7/2018) sore.

Baca: Warga Graha Cinere I Depok Tolak Penyerahan Fasos Fasum dari Pengembang ke Pemkot Depok

Yakob Tulam, Ketua RW Ke 12, mengatakan, cukup banyak fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) yang dijanjikan pengembang ke warga sampai kini belum direalisasikan.

"Sudah sejak dulu kami menuntut janji pengembang atas fasos-fasum perumahan kami. Juga menuntut perbaikan sejumlah fasos-fasum lain di perumahan kami yang rusak," kata Yakob.

Ia menerangkan, sejumlah fasos-fasum yang rusak dan belum diperbaiki secara maksimal oleh pengembang di antaranya adalah drainase dan tembok pengaman.

Baca: Warga Perumahan GDC Depok Protes Pembangunan Tempat Limbah Medis, di Lahan Fasos Fasum

Bahkan akibat rusaknya dan tak memadainya drainase, permukiman kerap dilanda banjir saat hujan datang.

"Belum lagi fasos-fasum yang dijanjikan pengembang dan menjadi kewajiban pengembang belum ada sama sekali. Mulai dari sarana ibadah, sarana olahraga, tempat pengolahan sampah, tempat pemakaman umum, serta ruang terbuka hijau atau taman terbuka," katanya.

Yakob mengatakan, warga sudah beberapa kali menuntut pengembang atas hal ini namun tak juga ditanggapi.

Bahkan warga sudah mengadu ke Pemkot Depok agar turut mendesak pengembang memenuhi janjinya.

Baca: Banyak Pengembang Nakal di Jakbar Tak Serahkan Fasum Taman

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved