Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Membutuhkan 2.400 Steel Box Girder

Sebagai titik pertama pemasangan berada di Km 18 hingga Km 20. Dan hingga kini yang baru terpasang sebanyak 380 steel box girder.

Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Membutuhkan 2.400 Steel Box Girder
Warta Kota/Muhammad Azzam
Ada 2400 steel box girder proyek Jakarta - Cikampek Elevated II (Jalur tol layang). 

WARTA KOTA, BEKASI---Untuk membangun jalan tol layang di atas Tol Jakarta-Cikampek membutuhkan 2.400 steel box girder.

Sebagai titik pertama pemasangan berada di Km 18 hingga Km 20. Dan hingga kini yang baru terpasang sebanyak 380 steel box girder.

Iwan Dewantoro, Pimpinan Proyek Jakarta-Cikampek Elevated II (tol Layang Jakarta Cikampek) mengatakan, untuk konstruksi tol layang, ada sebanyak 2400 steel box girder yang harus dipasang.

Baca: Penutupan Lajur di Tol Jakarta-Cikampek Tidak Berimbas Kemacetan di Jalan Arteri di Bekasi

"Kalau titik pertama target selesai dua bulan. Kalau keseluruhan target pemasangan girder rampung hingga Desember 2018. Untuk jadwal pemasangan tiap malam kami sedang minta ke koordinator untuk meminta jadwal pastinya," kata Iwan kepada Warta Kota, Rabu (18/7/2018).

Iwan mengatakan, proses pemasangan steel box girder menggunakan metode launcher gantry sehingga memerlukan ruang kerja yang luas.

"Untuk itu kami koordinasi dengan Jasa Marga untuk selalu menyiapakan penutupan lajur ketika proses pemasangan dilakukan," katanya.

Baca: Operator Tol Jakarta-Cikampek Pangkas Waktu Penutupan Lajur dari 8 jam Jadi 5 Jam

Iwan mengatakan, penutupan tidak dilakukan secara melnyeluruh, hanya sekitar 200 meter saat pemasangan steel box girder saja.

"Jadi kami tidak tutup sepanjang kilometer yang bakal dipasang girder itu. Penutupan lajur hanya disetiap spot yang mau dipasang saja sekitar 200 meter saja. Saya tegaskan kami menutup sesuai titik di mana kami akan memasukkan erection itu," kata Iwan.

Baca: Mulai 17 Juli 2018 Ada Penutupan Lajur di Tol Cikampek di Kawasan Bekasi, Tiga Lajur Akan Ditutup

Titik pemasangan steel box girder lainnya ada di Bekasi Barat menuju Bekasi Timur, dan Km 29 Cikarang Utama menuju KM 39.

"Pemasangan itu dilakukan median jalan (tengah jalan), jadi metode pemasangannya berkala. Begitu juga penutupan sebagian lajurnya berkala," kata Iwan.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help