Keracunan Gas di Kelapa Gading Akibat Tidak Ada Ventilasi

Peristiwa keracunan gas di Klinik Chloe Kalena di Jalan Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading, Jumat (20/7) pukul 18.18 WIB.

Keracunan Gas di Kelapa Gading Akibat Tidak Ada Ventilasi
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Keracunan gas di Klinik Chloe Kalena di Jalan Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (20/7/2018) akibat pengeboran. 

PERISTIWA keracunan gas terjadi di Klinik Chloe Kalena di Jalan Boulevard Barat Raya RT 13/RW 07, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (20/7/2018) pukul 18.18 WIB.

Gas beracun timbul setelah asap mesin yang digunakan untuk pengeboran tidak bisa keluar.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Reza Arief Dewanto mengatakan peristiwa keracunan gas karbon monoksida tersebut akibat dari mesin pompa 2 tak yang digunakan untuk membuat sumur pompa.

“Ini kita barusan dapat laporan ada beberapa orang yang diduga keracunan. Setelah kita datangi TKP ternyata memang ada 17 orang yang mengalami dugaan keracunan di dalam klinik ini,” katanya di lokasi.

“Sementara ini asap knalpotnya tidak bisa keluar karena ventilasi ruko kurang baik tertutup semua AC dan gas itu muter di dalam. Sehingga ke 17 itu menghirup gas tersebut dan mengalami keracunan,” sambungnya.

Menurut Reza, para korban tersebut merupakan karyawan klinik, dokter, pasien serta pekerja yang membuat sumur.

Pekerjaan pengeboran itu juga baru mulai hari ini dilakukan oleh para pekerja.

“Belum (ada tersangka) tapi tadi sudah ada yang kita periksa pekerja yang membuat sumur, ada 3 orang dan kita sudah amankan di Polsek untuk diambil keterangan. Nanti kita selidiki, kita ambil keterangan. Nanti yang lain berkembang,” ucapnya.

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara Abdul Wahid mengatakan sudah selesai menangani gas yang ada di lokasi setelah mengerahkan smoke removal.

“Setelah kita telusuri, bau menyengat itu fokus di lantai dua dan di lantai dua itu tidak ada bukaan sehingga kami memasang blower dengan sistem negatif kira sedot di lantai dua yg tidak ada blowernya kita buang ke lantai 3,” ucapnya.

Dokter Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading Vicky mengatakan setidaknya ada sembilan orang yang dilarikan ke rumah sakit.

Pada umumnya mereka menderita mual, pusing hingga muntah.

“Paling parah (akibatnya) pingsan, ada satu orang tukang yang di dalam kliniknya masih sesak nafas. Tadi ada sembilan orang sementara data yang didapat. (RS) Mitra Keluarga 5 orang, Gading Pluit 4 orang,” ucapnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help