Kawasan Cengkareng dan Kalideres Menjadi Lokasi Strategis Pedagang Hewan Kurban

Pemeriksaan hewan-hewan kurban ini digelar sepuluh hari sebelum perayaan Idul Adha.

Kawasan Cengkareng dan Kalideres Menjadi Lokasi Strategis Pedagang Hewan Kurban
Warta Kota/Adhy Kelana
Jelang Hari Raya Idul Adha penjual hewan kurban mulai menjamur di Jakarta. Penjual hewan kurban musiman ini seperti terlihat di kawasan Batu Ampar Condet, Jakarta Timur, Selasa (10/7). 

MARSAWITRI Gumay yang sebagai Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat, mengatakan para pedagang hewan kurban kini mulai menampakkan diri di Kawasan Kalideres dan Cengkareng, Jakarta Barat menjelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh 22 Agustus 2018.

Mengetahui hal tersebut, pihak bakal memulai persiapan matang terkait pengecekan hewan-hewan kurban.

"Jelang Idul Adha Agustus 2018 mendatang, di Jakarta Barat dipastikan mulai ramai sejumlah pedagang hewan kurban. Paling banyak ada di Kawasan Kalideres dan Cengkareng. Sebab, di kedua wilayah itu kan berbatasan juga dengan daerah lain. Maka, kami akan lakukan kegiatan pemeriksaan hewan-hewan kurban, di delapan kecamatan di Jakarta Barat," paparnya, Jumat (20/7/2018).

Marsawitri menerangkan, pemeriksaan hewan-hewan kurban ini digelar sepuluh hari sebelum perayaan Idul Adha.

Sehingga, pihaknya dalam pemeriksaan terhadap hewan kurban, bakalan bekerjasama dengan pihak Kelurahan dan juga Kecamatan.

"Pemeriksaan hewan kurban, dilakukan secara serentak. Kurangnya personel. Maka, kami pun berencana akan gandeng pihak Kelurahan, dan Kecamatan ya. Sebab jumlah pedagang hewan kurban itu, banyak sekali. Bisa sampai puluhan ribu," ungkapnya.

Adapun pemeriksaan yang dilakukan, yaitu cek hewan kurban itu mengidap tidaknya sejumlah penyakit.

"Seperti antrak dan cacingan. Kalau ditemukan hewan tersebut akan ditarik dari pasaran. Soal ini tak bisa ditolerir. Sepuluh hari, cukup untuk bisa melakukan pemeriksaan hewan kurban di delapan Kecamatan Jakarta Barat. Ada hewan kurban di masjid-masjid, juga kami periksa ya," ujarnya. (BAS)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved