Imunisasi MR Masih Hadapi Tantangan

Terdapat tiga tantangan utama dalam pelaksanaan imunisasi MR, yang berfungsi mencegah penyakit campak dan rubella itu.

Imunisasi MR Masih Hadapi Tantangan
warta kota/nur ichsan
Ilustrasi imunisasi 

WARTA KOTA, PALMERAH---Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) tahun ini akan dilaksanakan pada Agustus hingga September di luar Pulau Jawa setelah sebelumnya dilakukan pada tahun lalu di bulan yang sama hanya di enam provinsi di Pulau Jawa.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Anung Sugihantono, mengaku terdapat tiga tantangan utama dalam pelaksanaan imunisasi MR, yang berfungsi mencegah penyakit campak dan rubella itu.

Baca: Daftar SD Kini Tidak Perlu Khawatir Kartu Imunisasi Anak

Sejauh ini, inventarisasi yang berkaitan dengan logistik, pengorganisasian di tingkat provinsi, mekanisme koordinasi dengan kementerian/lembaga seperti Kemendagri, Kemenag, Kementerian Pendidikan, sudah berjalan.

Bahkan, para menteri sudah memberikan surat edaran ke 28 provinsi yang akan melakukan kegiatan MR di Agustus 2018.

Anung mengatakan, kemungkinan di pertengahan Juli akan diadakan pertemuan dengan pemerintah daerah luar Pulau Jawa untuk mendeskripsikan masing-masing tantangan.

Baca: KPAI Ingin Jakarta Punya Registrasi Imunisasi Regional

''Karena sampai sejauh ini, kami masih tetap menemui tiga tantangan utama, public awareness, kampanye anti vaksin, dan kondisi daerah yang berbeda,'' kata Anung beberapa waktu lalu.

Terkait public awareness, Anung mengatakan, meskipun telah dilakukan berbagai upaya peningkatan pengetahuan kepada masyarakat, tapi masih ada sebagian di antara mereka yang belum mengetahui soal MR.

Ia menganggap hal tersebut bisa terjadi karena ada gap antara satu daerah dan daerah lainya soal pemahaman MR.

Lain halnya dengan kelompok anti vaksin, Anung menilai ada persoalan yang berbeda pada tantangan ini, yakni persoalan yang didorong oleh keyakinan individu, dan ada persoalan yang karena didorang oleh tokoh masyarakat yang mengemukakan anti vaksin secara berlebihan.

Baca: Menteri Kesehatan: Peserta Asian Games Akan Diimunisasi

Tantangan lainnya, persoalan kondisi daerah, Anung berterus terang menaruh perhatian di antaranya pada Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan NTT.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help