Iklan Rokok Masih Bertebaran Menghambat Penilaian Kota Layak Anak di Kota Bekasi

Kota Layak Anak berarti pemerintah peduli tentang tumbuh kembang termasuk perlindungan terhadap anak.

Iklan Rokok Masih Bertebaran Menghambat Penilaian Kota Layak Anak di Kota Bekasi
istimewa
Ilustrasi iklan rokok 

WARTA KOTA, BEKASI---Keberadaan iklan rokok di Kota Bekasi menghambat penilaian kota layak anak di wilayah setempat oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Di sisi lain, keberadaan iklan tersebut menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) yang cukup signifikan bagi keuangan daerah.

Mini, Kepala Seksi Perlindungan Anak pada Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (DPPPA) Kota Bekasi, mengatakan, pemerintah tetap melanjutkan perjuangan meraih predikat tertinggi kota layak anak yang sudah digulirkan sejak 2013.

Baca: PGRI Berharap Kemdikbud Membuat Aturan Melarang Siswa Menerima Beasiswa dari Perusahaan Rokok

Meski terganjal iklan rokok, pihaknya sudah mendapatkan sedikitnya enam penghargaan.

"Kota Layak Anak berarti pemerintah berperan aktif dalam pemenuhan sistem yang peduli tentang tumbuh kembang termasuk perlindungan terhadap anak di Kota Bekasi. DPPPA juga memiliki lembaga khusus agar sistem ini berjalan," kata Mini, Kamis (19/7/2018).

Berdasarkan catatannya, pemerintah telah mendapatkan enam penghargaan dari pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Baca: Cegah Penyakit Jantung, Harus Menaikkan Cukai Rokok: Data dan Fakta Ini Harus Diperhatikan

Dua di antaranya bahkan diperoleh hingga tingkat nasional dari Kementerian PPPA.

Capaian pertama, Kota Bekasi meraih Kabupaten/Kota Layak Anak Kategori Pratama di tahun 2015 dan di 2017 berhasil meraih Kabupaten/Kota Layak Anak Kategori meningkat Kategori Madya.

Capaian ketiga, Juara Kluster Kesehatan Kota Layak Anak (KLA) Award Provinsi Jawa Barat di 2016, keempat Penghargaan Gubernur Jawa Barat Kota Layak Anak Award 2017 dan kelima Juara II Terbaik Jambore Forum Anak Daerah Jawa Barat dan raihan keenam Juara III lomba Program Terpadu P2WKSS tahun 2017 dari Provinsi Jawa Barat.

Kepala Dinas PPPA Kota Bekasi, Riswanti, mengatakan, keberadaan iklan rokok memang berdampak pada penilaian oleh tim verifikasi dari Kementerian PPPA.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved