Home »

News

» Jakarta

Gerebek Sampah, 112 Ton Sampah Diangkut dari Kolong Tol di Pejagalan

Aksi gerebek sampah digelar di kolong Jalan Tol Wiyoto Wiyono, Air Baja RW 16 Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (20/7).

Gerebek Sampah, 112 Ton Sampah Diangkut dari Kolong Tol di Pejagalan
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Aksi gerebek sampah digelar di kolong Jalan Tol Wiyoto Wiyono, Air Baja RW 16 Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (20/7/2018). 

AKSI gerebek sampah digelar di kolong Jalan Tol Wiyoto Wiyono, Air Baja RW 16 Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (20/7/2018).

Dalam kesempatan tersebut sebanyak 112 ton sampah berhasil diangkut oleh petugas.

Sebanyak 310 personel gabungan yang terdiri dari 250 petugas PPSU, 20 anggota Satpol PP, serta masing-masing PHL dari Sudin Lingkungan Hidup (20), Sudin Sumber Daya Air (5) dan Sudin Kehutanan (15) dikerahkan ke lokasi.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Slamet Riyadi mengatakan dalam aksi gerebek sampah itu dibantu dengan kehadiran sejumlah alat berat.

Setidaknya masing-masing satu unit shovel dan backhoe mini dikerahkan.

“Total ada 14 truk sampah yang berhasil diangkut dari kolong tol dengan berat mencapai 112 ton. Sampah-sampah tersebut langsung dikirim ke Bantar Gebang,” ujar Slamet, Jumat (20/7).

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Junaedi mengatakan kegiatan gerebek sampah tersebut dilakukan setelah adanya laporan warga yang menyebutkan di kawasan kolong tol itu dipenuhi dengan sampah.

“Selama ini kita kan sudah pasang spanduk dan memberikan imbauan, tapi tetap saja ada yang membuang ke sana,” ungkap Junaedi.

Untuk itu setelah seluruh sampah berhasil diangkut, sejumlah langkah strategis akan diambil sebagai antisipasi kejadian serupa terulang kembali. Sehingga warga tidak lagi bisa membuang sampah sembarang di tempat tersebut.

“Kedepan bersama dengan pengelola jalan tol, kami sepakat membuat parit di sepanjang akses menuju kolong tol. Jadi tidak akan ada lagi warga yang buang sampahnya di sana,” katanya.

Selain itu nantinya juga akan dilakukan proses penghijauan.

Penanaman pohon akan dilakukan di lokasi tersebut supaya menjadi lebih asri dan nyaman bagi warga sekitar lokasi kolong tol.

“Nantinya akan ada 100 pohon yang sudah siap kita tanam di lokasi secara bertahap. Khusus hari ini, simbolis ada 10 pohon yang ditanam," tegasnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help