Asian Games 2018

1.100 Petugas Dinas Lingkungan Hidup DKI Gerebek Sampah di Kawasan Wisma Atlet

Kegiatan itu sekaligus menunjang persiapan jelang Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

1.100 Petugas Dinas Lingkungan Hidup DKI Gerebek Sampah di Kawasan Wisma Atlet
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Kali Sentiong yang kotor dan busuk dekat Wisma Atlet Asian Games di Kemayoran permukaannya ditutupi jaring hitam. 

SEBANYAK 1.100 petugas Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta melakukan gerebek sampah di kawasan Wisma Atlet, tepatnya di Danau Sunter sisi barat, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (20/7/2018).

Ribuan petugas tersebut berasal dari Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air. Kegiatan itu sekaligus menunjang persiapan jelang Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

Pantauan di lokasi, sejumlah petugas dikerahkan melakukan penyisiran untuk mengambil sampah di Danau Sunter. Sampah-sampah tersebut kemudian dibawa ke truk-truk sampah yang sudah terparkir di pinggir danau.

Baca: Pilkada Serentak 2018, Gatot Nurmantyo: Mari Kita Berpesta, Hargai Persepsi Pilihan Masing-masing

Wakil Kepala Dinas LH DKI Jakarta Ali Maulana Hakim mengatakan, pihaknya mengerahkan sebanyak 2.000 petugas yang disebar untuk menjaga kebersihan di sejumlah titik di ibu kota.

“Khusus di lokasi ini hanya 1.100 petugas, karena ada beberapa di lokasi lain. Intinya (Asian Games) tinggal 29 hari lagi, dan H-7 para atlet sudah mulai berdatangan, jadi kita harus ready dan siap untuk itu,” kata Ali, Jumat (20/7/2018).

Ali mengatakan, kegiatan gerebek sampah sengaja dilakukan di Danau Sunter, karena bersinggungan langsung dengan Wisma Atlet. Selanjutnya, aksi serupa dilakukan di lokasi lainnya yang berhubungan dengan Asian Games 2018.

Baca: Ditanya Persiapan Sebelum Mencoblos, Deddy Mizwar: Mandi yang Bersih

“Semua venue dan Wisma Atlet dan perlintasan torch relay dari Wisma Atlet sampai ke tempat venue (menjadi target kebersihan),” jelas Ali.

Wali Kota Jakarta Utara Syamsudin Lologau, mengajak peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan. Sehingga, apa yang sudah dilakukan para petugas selama ini tidak menjadi sia-sia.

“Ini kan sudah bersih, saya harap masyarakat jangan lagi lah buang sampah sembarangan. Mari kita jaga bersama-sama,” tutur Syamsuddin. (*)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help