Bisnis

Perusahaan Kopi Asal Jepang Gandeng Purwana Group Garap Pasar Kopi di Indonesia

Pertumbuhan pasar kopi di Indonesia menarik minat UCC Holdings Co Ltd asal Jepang yang ingin menggarap pasar kopi di Indonesia.

Perusahaan Kopi Asal Jepang Gandeng Purwana Group Garap Pasar Kopi di Indonesia
Istimewa
Ilustrasi barista sedang meracik kopi. 

WARTA KOTA, SENAYAN---  Sepanjang tahun 2011-2016, pertumbuhan pasar kopi baru di Asia mampu mencapai 95 persen.

Indonesia tentu saja mengalami pertumbuhan yang tinggi bahkan tertinggi di Asia. Selama lima tahun, Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 19,6 persen.

Setelah itu diikuti India yang tumbuh 15,1 persen, dan Vietnam 14,9 persen.

Data tersebut dikutip dari Studi Mintel’s Global New Products Database yang dilrilis oleh Mintel, lembaga analisis pasar yang berbasis di London Inggris.

Indonesia sekaligus juga sebagai produsen kopi terbesar keempat dunia. Setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia.

Namun dari sisi kualitas dan jenis kopi, Indonesia dianggap ‘rumahnya’ kopi.  Indonesia mengungguli negara-negara produsen tersebut.

Baca: Bekraf Dorong Kedai Kopi Indonesia untuk Mendunia

Pertumbuhan pasar kopi di Indonesia menarik minat UCC Holdings Co Ltd asal Jepang yang ingin menggarap pasar kopi di Indonesia.

Melalui anak perusahaannya yaitu UCC Asia Pacific Pte, membangun kerjasama dengan Purwana Group yang merupakan perusahaan operator.

Kolaborasi keduanya membentuk PT UCC Victo Oro Prima yang menyediakan kopi.

Selama ini, UCC holdings telah menyediakan produk kopi, menjalankan bisnis kafe, dan restoran, serta menyediakan layanan bisnis di Asia selama 30 tahun.

Aset dari Purwana Group berupa fasilitas dan keahlian dalam roasting kopi serta strategi penjualan.

Baca: Inilah Kopi-kopi Indonesia yang Berjaya di Festival Kopi Internasional

Kolaborasi tui diharapkan dapat memperluas bisnis dan memperkuat layanan. Sebagai perusahaan baru, UCC akan menyediakan pelayanan dengan kualitas terbaik dan produk-produk baru yang dibuat oleh teknologi Jepang di Indonesia.   

“Sejak setahun perjanjian kerjasama ini ditandatangani, kami sudah mendirikan pabrik yang dapat memproduksi kopi berkualitas terbaik dengan teknologi Jepang," ujar Direktur PT Victo Oro Prima Victor Purnama di sela-sela pengumuman kerjasama UCC dan Purwana Group di Hotel Fairmont, Rabu (18/7/2018). (lis)

"Melalui kerjasama ini, kami ingin menjadi pelopor pembuatan kopi berkualitas di Indonesia. Sebab, tujuan kami (UCC dan Purwana, Red) adalah  menyediakan kopi yang sesuai dengan keinginan konsumen,” ujar Victor Purnama. 

Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved