Pendatang Baru yang Dirazia di Apartemen Maple Park Datang ke Jakarta karena Diajak Teman

Sesuai ketentuan, apabila ingin tinggal dalam waktu lama, mereka harus melapor kepada pengurus RT/RW setempat.

Pendatang Baru yang Dirazia di Apartemen Maple Park Datang ke Jakarta karena Diajak Teman
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Sudin Dukcapil Jakarta Utara menggelar operasi bina kependudukan di Apartemen Maple Park, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (18/7/2018). 

SUKU Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Utara mendapati 52 pendatang, saat menggelar Operasi Bina Kependudukan di Apartemen Maple Park, Sunter Agung, Tanjung Priok, Rabu (18/7/2018).

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Utara Erik Polim Sinurat mengatakan, para pendatang tersebut datang ke Jakarta karena diajak oleh teman-temannya untuk mencari peruntungan.

“Melihat temuan kita tadi, umumnya adalah mereka pendatang baru. Mereka ini bekerja di Jakarta dan mereka dibawa teman, teman ke teman. Pasca-Lebaran mereka sudah tinggal di sini,” ujar Erik.

Baca: Daus Mini Sempat Beli Baju Berukuran Sama dengan Anaknya

Sesuai ketentuan, apabila ingin tinggal dalam waktu lama, mereka harus melapor kepada pengurus RT/RW setempat. Namun jika ternyata hanya sementara, maka petugas akan memberikan dokumen khusus.

“Kalau misalnya mereka kerja di restoran, tempat-tempat home industry ataupun kegiatan industri menengah ke bawah, mereka kan biasanya permanen, ada enam bulan ada satu tahun, mereka kita berikan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) yang berfungsi satu tahun,” jelasnya.

Erik mengatakan, pemilihan apartemen sebagai lokasi operasi, semata-mata untuk mengetahui sampai sejauh mana para pendatang melaporkan diri ke pengurus RT/RW. Sebab, kegiatan ini juga semata-mata sebagai sosialisasi kepada para pendatang baru yang tinggal di apartemen.

Baca: Sering Diperbincangkan di Medsos, Ahmad Syaikhu Yakin Menangi Pilgub Jabar

“Nah, rupanya dari pengelola pada saat warga datang ke sini, mereka sudah minta dokumennya, dokumen kependudukan ya. Tujuannya biduk ini adalah melakukan pembinaan tertib administrasi kependudukan pasca-Idul Fitri dan kegiatan kedua setelah di Pademangan Timur,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, sebanyak 95 petugas gabungan dikerahkan ke lokasi. Selanjutnya kegiatan serupa juga akan digelar di salah satu apartemen di kawasan Pademangan, Jakarta Utara, beberapa minggu ke depan. (*)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved