Asian Games 2018

Hasil Razia Operasi Biduk, Warga Negara Asing Mulai Banjiri Jakarta

Sudin Dukcapil Jakarta Utara menggelar operasi bina kependudukan di Apartemen Maple Park, Jakarta Utara, Rabu (18/7).

Hasil Razia Operasi Biduk, Warga Negara Asing Mulai Banjiri Jakarta
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Sudin Dukcapil Jakarta Utara menggelar operasi bina kependudukan di Apartemen Maple Park, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (18/7/2018). 

SUKU Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Utara menggelar operasi bina kependudukan di Apartemen Maple Park, Sunter Agung, Tanjungpriok, Jakarta Utara, Rabu (18/7/2018).

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Utara Erik Polim Sinurat mengatakan, pelanggaran yang ditemukan dalam kegiatan itu yakni para pendatang belum melaporkan kepada pengurus RT/RW setempat.

“Jadi yang baru datang tinggal di sini, kita lakukan pendataan secara dokumen kependudukan. Hasil pelayanan hari ini adalah sekitar 52 WNI, 17 WNA yang terdata dan mereka memiliki dokumen keimigrasian,” katanya, Rabu (18/7/2018).

“Kalau untuk sanksi administrasi tidak ada, yang ada bagaimana agar memenuhi segi tertib administrasinya. Jadi proses pelaksanaan biduk kita model pelayanan,” sambung Erik.

Para pendatang baru yang tinggal di apartemen tersebut kebanyakan berasal dari Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Sementara untuk mereka yang WNA, berasal dari Eropa serta Asia dan memiliki dokumen lengkap seperti izin tinggal.

“Pendatang yang baru umumnya bekerja sebagai karyawan, pebisnis dan pembantu rumah tangga dan ada juga home industry. Jadi mereka tinggal di sini hersama keluarga dan teman-teman mereka,” sambungnya.

WNA mulai banyak

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Junaedi mengatakan, operasi bina kependudukan semacam ini rutin dilakukan seusai Hari Raya Idul Fitri.

Ia pun menegaskan bahwa kegiatan ini bukan penertiban melainkan pembinaan.

Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk menyambut perhelatan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang. Sehingga menjamin kenyamanan para penduduk selama pesta olahraga multi cabang itu berlangsung.

“Salah satunya, karena tadi kan sama-sama tahu bahwa WNA cukup banyak ya di sini, hampir 500 sekian. Nah, ini juga untuk membantu rasa aman, rasa tertib, rasa nyaman dalam rangka Asian Games,” tuturnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help