Dua Sisi Kali Besar di Kota Tua Dibendung Membuatnya Mirip Kolam

Dua sisi Kali Besar itu ditanggul setinggi dua meter. Desain seperti itu khawatir justru menimbulkan banjir.

Dua Sisi Kali Besar di Kota Tua Dibendung Membuatnya Mirip Kolam
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Disayangkan, pihak pengelola di Kawasan Kota Tua dengan Pemerintah DKI itu belum membuka secara resmi lokasi proyek itu. 

SEJUMLAH pengunjung Kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, bertanya-tanya mengenai sisi kanan dan kiri di Kali Besar lantaran terdapat bangunan tanggul yang besar. Sehingga, beberapa pengunjung di lokasi menyebut Kawasan Kali Besar kini mirip dengan kolam.

Terpantau, terdapat tanggul pintu air, yang ada di sisi kiri Kali Besar yang mengarah langsung ke Kali Krukut serta sisi kanan yang mengarah ke Muara Pantai Sunda Kelapa.

Dua tanggul di sisi kanan dan kiri Kali Besar tersebut, nampak menutupi atau menghentikan aliran air di Kali Besar.

"Saya tadi itu ke Kawasan Kali Besar, iseng lah saya sama teman saya motret keliling. Namun yang janggal, Kali Besar ini ada dua tanggul ya baik di sisi kanan dan kiri. Kalau saya melihat-lihat secara seksama, kalau tertutup tanggul di sisi kanan dan kiri, ngalirnya bagaimana?" ujar Asman (29), selaku pengunjung Kawasan Kota Tua, Kamis (19/7/2018).

Asman juga mengira-ngira, apabila hujan deras tiba, diyakininya Kali Besar akan meluap dapat menenggelamkan Kawasan Kota Tua dan juga wilayah di sekitar aliran Kali Besar.

"Lalu, bagaimana kalau hujan deras tiba? Kota Tua kebanjiran dong ya? Karena, saya melihat cuma ada satu tanggul (Arah ke Krukut) punya pintu besi kecil. Sebelahnya tidak ada. Seakan-akan, dua tanggul ini melindungi Kawasan Kali Besar Kota Tua, yang jembatan apung. Jikalau meluap Kali Besarnya? Bahaya dong ya," papar Asman kembali.

Namun, pernyataan Asman dibenarkan salah seorang Arkeolog, Candrian Attahiyat.

Menurut Candrian, fungsi Kali Besar, kini, berubah.

"Kali Besar setelah direvalitasi berubah fungsi seperti kolam. Dua sisi Kali Besar itu ditanggul setinggi dua meter. Desain seperti itu khawatir justru menimbulkan banjir di kawasan itu. Soal desain atau penataan Kali Besar, sayanya juga tak bisa memahami persis. Kalau dilihat, air di Kali Besar kemungkinan terhambat alirannya," katanya.

Menurutnya, kedua tanggul beton yang saat ini rampung didirikan, diyakini air dapat meluap di kedua sisi Kali Besar saat musim hujan.

Halaman
12
Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help