Dalam 3 Hari, 5 Begal di Kota Bandung Ditembak Polisi

"Satu pelaku sudah melakukan aksi 10 kali, lainnya sudah 15 kali melakukan aksinya di Bandung..."

Dalam 3 Hari, 5 Begal di Kota Bandung Ditembak Polisi
Kompas.com/Agie Permadi
PELAKU begal berjalan tertatih-tatih lantaran timah panas yang ditembakan polisi bersarang di kakinya. Dalam waktu tiga hari Polisi tembak lima begal yang melakukan perlawanan saat hendak ditangkap. 

POLISI menembak lima pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) atau begal yang telah meresahakan masyarakat di Kota Bandung, Jawa Barat.

Adapun para pelaku yang terpaksa ditembak di kakinya itu diketahui berinisial AD (25), IDP (18), DB (27), AA (22), dan I (25).

"Kelimanya melakukan perlawanan, kita terpaksa melakukan tindakan tegas tembak di kaki," tegas Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo di Mapolrestabes Bandung, Kota Bandung, Kamis (19/7/2018).

Kelima pelaku ini diringkus berdasarkan lima laporan masyarakat. Berbekal laporan tersebut, Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mencari keterangan saksi dan barang bukti.

Setelah dapat mengidentifikasi pelaku, petugas kemudian memburu dan menangkap para pelaku dalam waktu tiga hari.

Namun saat ditangkap, para pelaku melakukan perlawanan dan nyaris melukai petugas. Meski begitu, pelaku bisa dilumpuhkan dengan ditembak kakinya oleh petugas.

Polisi Tembak 5 Begal di Kota Bandung Selama 3 Hari tandasnya.

Menurut Hendro, kelima pelaku telah melakukan belasan aksi begal di Bandung. Mereka beraksi dengan modus memepet, menendang, lalu mengambil barang milik korban.

"Satu pelaku sudah melakukan aksi 10 kali, lainnya sudah 15 kali melakukan aksinya di Bandung. Mereka ini ada yang dari Subang, Sumedang, ada juga dari Bandung," jelasnya.

Dari tangan para pelaku, petugas menyita sejumlah barang bukti berupa puluhan sepeda motor, ponsel, tas dan sejumlah barang lainnya. Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 365 KUHPidana. "Ancamannya 12 tahun penjara," tegas Hendro. (Kontributor Bandung, Agie Permadi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Tembak 5 Begal di Kota Bandung Selama 3 Hari"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved