6 Kios Loksem di Kelapa Gading Terbakar, Pedagang Rugi Ratusan Juta

Sebanyak enam kios di lokasi sementara di Kelapa Gading habis terbakar. Pedagangnya rugi ratusan juta rupiah.

6 Kios Loksem di Kelapa Gading Terbakar, Pedagang Rugi Ratusan Juta
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Puing-puing enam kios di Kelapa Gading yang hangus terbakar dipasangi garis polisi. 

SEBANYAK enam kios di lokasi sementara (loksem) di Jalan Pelepah Raya, RT 01/RW 06, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (18/7) malam terbakar. Akibat kebakaran tersebut, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Pantauan di lokasi, Kamis (19/7/2018), kios yang hangus terbakar berada di tengah-tengah jejeran loksem dan sudah dipasangi garis polisi.

Sementara puing-puing bangunan bekas kebakaran seperti ban mobil, lemari es, galon air minum dan lain-lain hancur berantakan.

Seorang pedagang toko kelontong, Dian (57) mengatakan akibat kebakaran tersebut barang dagangan yang dijual selama ini ludes habis terbakar. Dian pun mengungsi ke tempat saudaranya untuk tempat tinggal sementara.

“Iya semuanya kebakar, padahal di situ ada uang modal, uang simpanan, uang pribadi semuanya pokoknya. Itu uang sudah saya pisahin semua. Saya sementara ya belum bisa jualan ngungsi dulu di rumah saudara,” tuturnya.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara Satriadi Gunawan mengatakan peristiwa kebakaran itu terjadi sekira pukul 23.30 WIB. Api berawal dari sebuah kios pulsa di kawasan tersebut.

“Itu kan (kios) UMKM ya. Sumbernya dari counter handphone, korsleting listrik, terus api merambat sampai ke toko-toko di sebelahnya,” ujar Satriadi.

Menurut Satriadi, pihaknya mengerahkan 40 personel dan 9 unit mobil damkar untuk memadamkan kobaran api di atas lahan seluas 500 meter persegi tersebut. Api baru bisa dipadamkan dua jam kemudian atau sekira pukul 01.30 WIB.

“Kerugian materi ratusan juta rupiah, taksiran paling Rp 100-150 juta. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kebakaran tersebut,” sambungnya.

Kepala Suku Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Utara Arfian mengatakan keenam kios yang terbakar meliputi kios konter pulsa, tambal ban hingga toko kelontong.

“Pedagangnya ada konter pulsa, tambal ban, warung kelontong juga ada, sisanya pedagang burung, itu habis semua,” kata Arfian.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help