Program e-Smart Bantu Bekasi Kembangkan Industri Kecil dan Menengah

Kementerian Perindustrian terus gencar melakukan workshop e-Smart pelaku IKM yang ada di sejumlah daerah.

Program e-Smart Bantu Bekasi Kembangkan Industri Kecil dan Menengah
Warta Kota/Muhammad Azzam
Direktorat Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian terus gencar melakukan workshop e-Smart pelaku IKM yang ada di sejumlah daerah. Pada Selasa (17/7) hingga Rabu (18/7) di The Evitel Hotel Cibitung, Jalan Jalan Teuku Umar, Cibitung, Sukadanau, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. 

DIREKTORAT Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian terus gencar melakukan workshop e-Smart pelaku IKM yang ada di sejumlah daerah.

Seperti yang dilakukan pada Selasa (17/7/2018) hingga Rabu (18/7/2018) di The Evitel Hotel Cibitung, Jalan Jalan Teuku Umar, Cibitung, Sukadanau, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

Peserta yang mengikuti workshop tersebut dominan dari para pelaku IKM di wilayah Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

Selama 2 hari, peserta workshop akan belajar berbisnis melalui sarana e-commerce dan juga mendapatkan sosialiasi program program Kementerian Perinduatrian seperti rekontruksi mesin peralatan dan SNI.

Selain itu juga diberikan materi strategi pemasaran online dan juga pengembangan produk, bahkan diperkenalkan juga aplikasi pencatatan keuangan dari Bank Indonesia.

"Jadi saatnya IKM di Indonesia maju selangkah lagi melalui teknologi digital termasuk pencatatan keuangan dan pengaturan manajeman perusahaan," ujar
Endang Suwartini, Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut (LMEA) Kementerian Perindustrian, Rabu (18/7).

Endang mengatakan kegiatan workshop selalu melibatkan Pemerintah Daerah setempat.

"Setiap kegiatan ini kita selalu melakukan kegiatan dengan daerah, kita bersinergi. Soalnya Pemda ini kan yang tahu IKM yang ada diwilayah itu. Program e-Smart IKM upaya kami untuk membangun sistem database IKM sekaligus diintegrasikan dengan marketplace atau pasar besar yang sudah ada di Indonesia," katanya.

Kehadiran e-Smart oleh Direktorat IKM Kementerian Perindustrian sangat diharapakan Pemerintah Daerah. Kegiatan workshop tersebut dalam membantu para pelaku IKM untuk lebih berkembang dalam memasarkan produknya.

"Hadirnya workshop e-Smart itu sangat baik dan itu memang yang kita harapkan. Kami akan menjembatani, dan memfasilitasi setiap kegiatan yang ada," ucap Titin Surprihatin Kepala Bidang Indsutri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi dilokasi workshop.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help