Wirausaha

4.000 Pelaku Industri Kecil-Menengah Jadi Target e-Smart IKM

"Jadi kedua marketplace itu dapat menjembatani produk IKM yang diperuntukkan sebagai pendukung industri itu dalam mengembangkan pemasarannya."

4.000 Pelaku Industri Kecil-Menengah Jadi Target e-Smart IKM
Warta Kota/Muhammad Azzam
Pelatihan e-Smart Industri Kecil Menengah (IKM) di The Evitel Hotel, Cibitung, Sukadanau, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Rabu (18/7/2018). 

WARTAKOTA, BEKASI---- Sebanyak 4.000 pelaku bisnis industri kecil-menengah (IKM) menjadi target untuk berbisnis dalam e-Smart IKM.

Hal itu diungkapkan oleh Endah Suwartini,  Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut (LMEA), Ditjen IKM Kementerian Perindustrian.

Dia mengatakannya pada saat hari kedua penyelenggaraan pelatihan s-Smart untuk pelaku IKM di The Evitel Hotel cibitung, Sukadanau, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Rabu (18/7/2018).

Workshop yang diadakan oleh Ditjen IKM Kementerian Perindustrian itu juga memperkenalkan kepada pelaku bisnis industri IKM bahwa  pemasarannya tidak hanya offline tetapi juga online.

Menurut Endah, dari 4.000 pelaku industri IKM tersebut, diharapkan ada 12.000 produk IKM masuk dalam marketplace atau e-commerce.

Baca: Vadiel Mekha: Wujudkan Wadah Kreatif Bagi Pelaku Fashion Jadi Wirausaha

"Tahun 2017 lalu workshop e-Smart diikuti 2.700 peserta dan membukukan nilai transaksi online sebesar Rp. 600 juta," ucapnya usai mengisi acara Workshop e-Smart di The Evitel Hotel, Rabu (18/7/2018).

"Hampir 50 persen dari jumlah tersebut disumbangkan transaksi produk logam," ujarnya.

Dia menambahkan, e- Smart IKM  akan menjadi sistem database yang tersaji dalam profil Industri, sentra dan produk.

Database itu  akan menjadi salah satu bahan analisa pembuatan kebijakan dalam pembinaan IKM.

"Program e-Smart IKM ini suatu upaya pemerintah untuk membangun sistem database industri kecil menengah sekaligus diintegrasikan dengan marketplace atau pasar besar yang sudah ada di Indonesia. Para peserta workshop diharapkan bisa masuk e-commerce," katanya.

Baca: Workshop Jadi Momen Pelaku Industri Kecil Menengah Kuasai Pasar Lewat Belanja Online

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved