16 Parpol Daftarkan Bacaleg di Kota Bekasi

Sebanyak 16 partai politik di Kota Bekasi telah mendaftar bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi.

16 Parpol Daftarkan Bacaleg di Kota Bekasi
Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Empat bendera dari 16 partai politik yang terdaftar tidak terpampang di halaman kantor KPU Tangsel di Jalan Buana Kencana, Rawa Buntu, Serpong, Tangsel, Selasa (17/7/2018). 

SEBANYAK 16 partai politik di Kota Bekasi telah mendaftar bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi pada Selasa (17/7) tengah malam.

Sampai saat ini, KPU Kota Bekasi sedang memverifikasi data-data bacaleg yang disodorkan partai politik untuk ajang Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 2019 mendatang.

Ketua KPU Kota Bekasi Ucu Asmara Sandi mengatakan, sebetulnya terdapat sejumlah tahapan dalam pencalonan legislatif hingga Ocktober 2018 untuk melakukan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

“Tahapan masih sampai dua bulan lagi, masih panjang hingga kita tetapkan menjadi DPT,” kata Ucu pada Rabu (18/7/2018).

Ucu menjelaskan, pascapendaftaran KPU akan melaksanakan penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon kepada parpol pserta pemilu pada 12-21 Juli.

Disusul dengan perbaikan daftar dan syarat calon pada 1-7 Agustus. Penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) pada 12-14 Agustus.

Selanjutnya, pengumuman DCS pada 12-14 Agustus oleh KPU Kota Bekasi. Permintaan klarifikasi kepada parpol atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS pada 22-28 Agustus.

Kemudian, penyampaian klarifikasi parpol kepada KPU Kota Bekasi pada 29-31 Agustus. Dan, pemberitahuan pengganti DCS 1-3 September

“Kita akan umumkan DCT pada bulan Oktober, waktu dan tempatnya masih dalam rancangan,” ujarnya.

Komisioner KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni menambahkan ssatu jam sebelum penutupan pendaftaran pada pukul 00.00 WIB sejumlah partai politik berbondong-bondong datang ke kantor KPU Kota Bekasi di Jalan Ir H Djuanda, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Dari total 16 parpol peserta Pemilu 2019, kata dia, seluruhnya telah resmi mendaftarkan bakal calon legislatifnya kepada KPU Kota Bekasi. Adapub parpol yang memilih mendaftar di waktu akhir di antaranya, Demokrat, PPP, Berkarya, PAN, PKB, Hanura, PKPI dan Golkar.

“Guna mempercepat proses pendaftaran tim, KPU pun mengecek berkas parpol secara bersamaan,” kata Nurul

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help