Wirausaha

Workshop Jadi Momen Pelaku Industri Kecil Menengah Kuasai Pasar Lewat Belanja Online

"Kami mencoba mendorong IKM memperluas akses pasarnya dengan memanfaatkan e-commerce," tutur Ciska.

Workshop Jadi Momen  Pelaku Industri Kecil Menengah Kuasai Pasar Lewat Belanja Online
Warta Kota/Muhammad Azzam
Pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) mengikuti workshop e-Smart yang digelar Direktorat Jendral Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian selama 2 hari, 17-18 Juli 2018, di The Evitel Hotel Cibitung, Jalan Jalan Teuku Umar, Cibitung, Sukadanau, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. 

WARTAKOTA, BEKASI---- Pelaku industri kecil dan menengah (IKM) mendapat pembekalan dari Direktorat Jendral IKM  Kementerian Perindustrian.

Pelatihan bertajuk  Workshop e-Smart itu berlangsung dua hari mulai hari ini, Selasa (17/7/2018) hingga besok, Rabu (187/2018) di The Evitel Hotel Cibitung, Jalan Jalan Teuku Umar, Cibitung, Sukadanau, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

Kegiatan workshop dibuka oleh Ciska Farida, Kasubdit Program, Evaluasi, dan Pelaporan Direktorat IKM. Dia menyematkan kartu kepada dua perwakilan peserta.

Dalam sambutannya Ciska mengungkapkan, tren ekonomi digital berkembang pesat, IKM  tidak boleh ketinggalan sebagai pemain dalam era perdagangan online.

"Kami mencoba mendorong IKM memperluas akses pasarnya dengan memanfaatkan e-commerce," tutur Ciska.

Baca: Puluhan Industri Kecil Menengah Tangsel Ikut Proses Akurasi

Dia mengatakan, workshop bekerjasama dengan marketplace di Indonesia yaitu Tokopedia dan Ralali.

Workshop diikuti 50 pelaku IKM yang berasal dari sektor logam, mesin, elektronika, dan alat angkut.

"Jadi kedua marketplace itu dapat menjembatani produk IKM yang diperuntukkan sebagai pendukung industri itu dalam mengembangkan pemasarannya," ucapnya.

Peserta berasal dari Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang, serta Provinsi DKI Jakarta.

"Peserta dan lokasi memang berdekatan dengan area industri, kesemuanya adalah pelaku industri jadi produknya pasti lokal," ucapnya.

Baca: Lokamedia: Tumbuhkan Semangat Wirausaha Bagi Pelaku UMKM

Selama 2 hari, peserta workshop akan belajar berbisnis melalui sarana e-commerce .

Mereka juga mendapat sosialiasi program-program Kementerian Perindustrian seperti rekontruksi mesin peralatan dan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Selain itu, peserta mendapat materi strategi pemasaran online dan pengembangan produk dan diperkenalkan aplikasi pencatatan keuangan dari Bank Indonesia.

"Jadi saatnya IKM di Indonesia maju selangkah lagi melalui teknologi digital termasuk pencatatan keuangan dan pengaturan manajeman perusahaan," ujarnya. 

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help